MODAL INVESTASI & MODAL KERJA USAHA WARUNG MAKAN

Saji - - Konsultasi Ukm -

Jawaban:

Dear Maulina, Hampir semua jenis usaha membutuhkan modal untuk kebutuhan usahanya termasuk usaha warung makan. Bila membandingkan usaha warung makan dengan usaha restoran tentu memiliki perbedaan dalam jumlah modal yang dibutuhkan. Usaha restoran tentu membutuhkan modal yang lebih besar dibanding warung makan.

Bila hendak membuka usaha warung makan, butuh modal berapa banyak, ya? Kira-kira modal usaha untuk keperluan apa saja? Untuk menjawab pertanyaan di atas, sebelumnya kita harus mengetahui jenisjenis modal dalam usaha.

Modal usaha pada umumnya, dibagi dalam dua bagian, yaitu:

1. MODAL INVESTASI

Modal Investasi adalah modal awal yang diperlukan untuk investasi awal seperti aset. Modal investasi dikeluarkan untuk membeli kebutuhan usaha yang tetap atau harta tetap. Contoh dari modal investasi dalam usaha warung makan adalah sewa tempat, renovasi bangunan, membeli perlengkapan masak, membeli peralatan makan dan sebagainya

2. MODAL KERJA

Modal kerja adalah modal yang dibutuhkan untuk menjalankan operasional usaha. Modal kerja dibagi atas dua jenis biaya, yaitu biaya tetap(biaya pengeluaran tetap bulanan) dan biaya variabel (biaya pengeluaran tidak tetap bulanan yang mungkin disebabkan karena adanya order tambahan atau pekerjaan tambahan) Contoh modal kerja pada usaha warung makan adalah gaji karyawan, bayar listrik, telepon, belanja bahan baku dan sebagainya.

Modal usaha dapat diperhitungkan sejak awal, baik modal investasi maupun modal kerjanya. Modal Investasi dapat direncanakan dan diperhitungkan sesuai dengan kemampuan Anda. Modal kerja sebaiknya diperhitungkan untuk persiapan sampai jangka waktu tertentu sebagai cadangan dana karena biasanya usaha yang baru mulai belum jelas pemasukan bulanannya.

Pada usaha warung makan sebaiknya disiapkan biaya operasional usaha selama minimal enam bulan untuk menghindari usaha yang terpaksa harus berhenti di tengah jalan karena kurangnya modal operasional. Mengapa harus minimal enam bulan? Berdasarkan pengalaman pemilik usaha warung makan yang telah berjalan, warung makan yang baru beroperasi biasanya belum diketahui banyak orang. Butuh proses yang memakan waktu minimal enam bulan untuk promosi dan diketahui banyak kalangan.

Setelah enam bulan, Anda akan tahu apakah rumah makan Anda disukai dan dapat berkembang atau malah sebaliknya. Apabila prospek ke depannya cukup baik maka usaha dapat terus dilanjutkan. Perkiraan modal yang sudah Anda perhitungkan nilainya sebaiknya dikoreksi atau ditinjau kembali, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan masih bisa diefisiensikan lagi atau dikurangi dengan mencari alternatif lain yang dapat menekan biaya. Apabila masih ada kemungkinannya, coba hitung kembali agar dapat memperkecil nilai modal, siapa tahu Anda dapat menghemat modal lebih banyak. Semoga Bermanfaat, salam.

Wulan Ayodya adalah pendiri UKMKU, lembaga yang memberikan pelatihan wirausaha dan kursus keterampilan penunjang usaha. Latar belakangnya memang wirausaha. Usaha yang digeluti hingga kini adalah lembaga kursus, pompa bensin, dan berpartner dengan beberapa usaha lainnya. UKMKU sendiri telah berhasil mencetak banyak pengusaha baru yang eksis sampai saat ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.