TIPS & TRIK BERJUALAN BAKSO

Saji - - Bahan & Alat - TEKS SHANTI • FOTO DOK. SEDAP • VISUAL KHARISMA

Berjualan bakso dari dulu hingga kini tak pernah ada matinya. Usaha ini bisa sukses dijalankan siapa saja asalkan Anda tahu trik jitu yang belum banyak disadari sebagian pengusaha bakso. Simak saja tips-tips di bawah ini:

Tetapkan target konsumen anda agar usaha bisa berjalan sukses. Biasanya bakso yang menyasar kelas menengah ramai dibeli jika lokasi usahanya terletak tak jauh dari sekolah, kampus, bahkan perkantoran. Jika berjualan di dalam mall, maka Anda harus pandai menyiasati harga yang tinggi karena biaya operasional dengan melengkapi menu minuman yang Anda buat sendiri (bukan sekadar minuman dalam kemasan). Misalnya es campur atau minuman soda kreatif dengan jeli atau irisan buah tropis sepanjang musim (nanas atau semangka).

Semangkuk bakso berisi mi saja tentu sudah biasa. Banyak cara menyajikan bakso agar tak sekedar menjadi makanan selingan. Tentu saja tujuannya agar membuat pembeli bisa menikmatinya sebagai menu utama yang mengenyangkan untuk makan siang atau malam. Caranya lengkapi dengan seporsi nasi, irisan ketupat, bahkan lontong. Beberapa pedagang sukses berjualan dengan cara ini sampai-sampai konsumen menjadikan bakso sebagai makanan utama.

Kreativitas mutlak jadi PR Anda selama memiliki usaha makanan. Jika ingin punya pelanggan setia, mulailah buat produk berbeda, namun tetap sesuai selera pasar yang dituju. Misalnya dalam seporsi bakso kuah dimodifikasi dengan sajian bakso bakar. Sebagian bakso disajikan dalam kuah. Sebagian lagi ditusukkan dalam tusuk sate dan disiram bumbu bakar bersaus. Sayurnya tak melulu harus sawi hijau. Bisa juga tambahkan sawi putih agar lebih kaya serat. Tahu rebus umumnya jadi juga andalan pelengkap bakso. Agar berbeda, bisa diiris tipis-tipis setelah direbus, lalu digoreng kering agar berubah jadi pelengkap berbeda, yaitu tahu kriuk. Kreasi lainnya, bisa Anda lengkapi juga semangkuk bakso dengan irisan ceker sisa membuat kaldu, atau irisan tulang lunak ayam.

Salah satu cara memikat hati konsumen adalah pelayanan yang lebih baik dibandingkan kedai sebelah. Caranya dengan membantu membawakan belanjaan pembeli yang kerepotan saat masuk kedai atau warung. Hal lainnya, bisa juga pelayanan dilakukan dengan cara membantu konsumen memarkir motor atau mobilnya jika parkiran sedang penuh-penuhnya. Apalagi jika kedai atau warung bakso Anda terletak di area sempit dengan lahan parkir terbatas.

Mempromosikan usaha Anda melalui sosial media twitter atau facebook bisa jadi cara yang sedang tren. Namun jangan lupa, rekomendasi orang yang sudah mencicipi hidangan Anda jauh lebih berperan ketimbang cuapcuap belaka. Lakukan pengiriman tester beberapa porsi pada teman dan relasi Anda yang bekerja di perkantoran. Atau undang mereka makan di tempat Anda dengan diskon istimewa, agar orang mencoba dulu. Jangan lupa minta saran dan masukan. Karena pendapat mereka bisa mewakili pendapat konsumen yang Anda sasar secara umum.

Selamat berjualan!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.