Cara Bertanam Ketumbar, Aromanya Menyebar Nyata

Tentunya sudah pernah menikmati masakan Sup Tom Yam. Masih ingatkah rasanya ? Wuiiihhhh…..luar biasa enaknya. Yang bikin istimewa sup tersebut antara lain adanya daun ketumbar. Daun itu punya aroma dan rasa khas. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu

Saji - - Sapa & Surat Anda - TEKS HIERONYMUS BUDI SANTOSO • FOTO ISTIMEWA • VISUAL BENYAMIN

Selain sebagai bumbu masakan, ketumbar digunakan sebagai bahan baku bermacam-macam obat, industri penyamak kulit, dan bahan baku pembuatan minyak wangi.

Tanaman ketumbar ( Coriandrum sativum Linn.) secara sekilas bijinya memang mirip dengan meric atau lada. Besar kemungkinan orang tidak bisa membedakan mana ketumbar mana merica. Namun dari bentuk tanamannya, tentu saja tanaman ketumbar sangat berbeda jauh dari merica. Malahan secara fisik, tanaman ketumbar mirip dengan tanaman seledri.

Seperti apa sih tanaman ketumbar itu ? Tinggi batangnya sekitar 20100 cm, dan jika batang tersebut dimemarkan maka berbau wangi. Daunnya berbagi menyirip, tidak berambut, berseludang dengan tepi warna putih. Bunga majemuk berbentuk payung, tangkai bunga 2-10 cm, daun pembalut kecil. Mahkota bunga berwarna merah muda atau merah pucat, panjang bunga 3-4 mm, sebagian bunga yang telah mekar gugur.Panjang buah 4-5 mm.

SYARAT TUMBUH

Memang tanaman ketumbar belum banyak ditanam petani. Hanya beberapa petani di Jawa dan sebagian Sumatra mencoba bertanam ketumbar. Pada umumnya ditanam di tegalan dan di pekarangan rumah. Penanaman di tegalan dilakukan pada pertengahan sampai akhir musim hujan. Pada tanah yang diairi, waktu tanam yang baik pada musim kemarau.

Tanaman dapat tumbuh subur pada ketinggian 700-2.000 meter di atas permukaan laut. Sedangkan di dataran rendah hasilnya kurang memuaskan. Paling cocok ditanam di tanah yang ringan, tanah lempung yang mengandung kapur atau bersifat basa dan berdrainase baik.Tanah yang banyak mengandung air atau bersifat asam tidak baik untuk tanaman ketumbar. Tanah yang terlalu banyak mengandung nitrogen menyebabkan pertumbuhan vegetatif, sehingga mengurangi hasil panen.

Adapun kebutuhan curah hujan sekitar 1.000 - 2.000 mm per tahun. Selama pertumbuhan bunga dan buah sampai waktu panen diusahakan tidak banyak hujan.

CARA BUDIDAYA

Perbanyakan tanaman dilakukan dengan biji. Benih dipilih dari biji yang sehat dan masak. Sebelum ditanam, tentunya biji harus diperlakukan dahulu dengan cara merendam biji ketumbar di dalam air hangat selama 2 hingga 12 jam untuk mengaktifkan biji tersebut.

Kemudian pengolahan tanah dilakukan dengan mengcangkul 2 kali sedalam 25-30 cm, gulma dibersihkan, tanah digemburkan dan diratakan.Di sekeliling tanah yang akan ditanami dibuat saluran - saluran drainase. Sekitar satu minggu sebelum tanam dilakukan pemupukan, dengan menggunakan pupuk kandang. Caranya, pupuk dimasukkan ke dalam lubang tanam. Dosisnya per lubang tanam biasanya diperlukan sekitar 1 - 2 kg per lubang tanam.

Benih disebar pada alur sedalam 2,5 cm dengan jarak tanam 10-15 cm.Jarak antar alur 35-100 cm. Benih akan tumbuh setelah 10-15 hari.Setelah cukup besar, tanaman dibumbun dan disiangi beberapa kali. Pada musim kemarau keadaan tanah dijaga agar tetap lembab dengan mengairi tanaman.

Tanaman dipanen bila berwarna coklat kuning, yaitu pada umur 3-3,5 bulan dari waktu tanam.Panen dilakukan dengan cara memotong atau mencabut tanaman kemudian tanaman di ikat dan dijemur selama 1 minggu atau lebih.Biji dilepaskan dari buah dan dijemur lagi sampai kering.

Namun jika anda ingin memanfaatkan daunnya -- sebaiknya --- sebelum tanaman berbunga silakan daunnya dipetik. Maksudnya untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih tajam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.