CIPTAKAN KETAN MODERN ISI KEJU HINGGA AYAM

Ulen adalah ketan kukus yang ditumbuk bersama kelapa parut. Biasanya disajikan dengan cara dicocol sambal oncom. Terobosan terbaru sajian ulen bisa ditemui di kedai Ulen Doeloer’s Bandung. Di tempat ini ulen disajikan bersama aneka isi yang kreatif. ULEN

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED • VISUAL TRIANA TANGJONG

Konsep mencocol ulen pada bumbu cocolan, tidak ada dalam gerai ini. Ulen yang tersedia di sini justru diisi dengan berbagai pilihan isi. Isi oncom adalah salah satunya. Tetapi ulen isi oncom bukan andalan Ulen Doeloer’s Bandung. Yang unik justru ulen yang diisi parutan keju, ayam original, dan ayam pedas.

Ulen yang keju dibuat dari keju cheddar parut yang dijejalkan ke dalam ulen. Untuk mereka yang gemar rasa pedas, dipersilakan mencicipi rasa ayam pedas yang terbuat dari daging dada ayam tanpa tulang yang dimasak bersama bumbu cabai. “Jika suka ayam yang gurih manis, ada juga rasa ayam original,” imbuhnya.

Semua ulen ini juga dijual dalam kreasi bentuk yang menarik. Tak hanya berbentuk kotak layaknya ulen tradisional, Renni, sang pemilik, malah menciptakan berbagai bentuk berlainan untuk membedakan tiap jenis ulen. Ulen oncom pedas bentuknya segitiga mengikuti bentuk nasi kepal atau onigiri ala Jepang. Sedangkan rasa keju, ayam pedas, dan ayam original masing-masing berbentuk kotak, jajaran genjang, dan lonjong.

Keunikan lain, ulen, tidak disajikan dengan cara dibakar seperti biasanya, tetapi digoreng setelah dilapis tepung roti sehingga renyah dan tidak lengket ketika dipegang.

Rata-rata ulen dijual Rp 28 ribu-Rp 30 ribu, per pak kemasan mika, berisi 10 buah. Ulen ini sering dijadikan oleh-oleh banyak orang yang datang ke Bandung, sehingga selain ulen siap santap, Renni menyiapkan paket ulen beku yang bisa digoreng dirumah.

Sejak diluncurkan ke pasaran pada pertengahan tahun 2014 lalu, ulen bermerek Doeloer’s yang bermakna “saudara” dalam bahas Sunda ini, laris manis. Dalam kondisi suhu ruang, ulen mentah bisa bertahan 2 hari, dan bisa seminggu di dalam kulkas. Jika dibekukan, ulen bahkan bisa bertahan hingga satu bulan. Jika sudah digoreng, ulen isi bisa bertahan 1 hari sehingga Renni lebih menyarankan untuk membeli beku jika ingin menikmati panaspanas di rumah. Jika sudah digoreng, ulen berkembang jauh lebih besar dan mengenyangkan, lo. Bobot satu buah ulen bisa mencapai 100 gram.

Ulen Doeloer’s saat ini dijual langsung di rumahnya di kawasan Cimahi, serta ditawarkan secara online melalui facebook, dan sejumlah agen reseller yang tersebar di kawasan Bandung. Cukup membeli 5 pak, siapa pun bisa ikut berjualan ulen isi kreatif ini. Tersedia juga layanan antar khusus wilayah Cimahi dan Bandung. Nah, Anda tertarik mencicipi atau berjualan legitnya ketan isi ala Doeloer’s?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.