BERSAING LEWAT FILING DAN TOPING KREATIF

Saji - - Inspirasi Usaha - TEKS MIFTAKH F., NANDA • FOTO MIFTAKH F., NUGRAHA., DOK PRIBADI • VISUAL KHARISMA Gading Serpong, Tangerang Telp : 0888 0875 8888 Pin BB: 769CA74B n Harapa Anyar Gunung Suraba Jl. ya ZE-11 089717 80037 WA: 05 Call/SMS/ 74DF5A : PIN BB

Cesar Ichtiarso (27) dan Egita Agusiana (27) punya mimpi indah untuk membawa lapis surabaya ke kancah internasional. “Kue klasik Indonesia ini harus dikenal dunia karena rasanya benar-benar istimewa,” ujar Cesar.

Maka sentuhan rasa istimewa dan kemasan boks yang elegan menjadi formula mereka untuk mewujudkan misi tersebut. Lapis surabaya bermerek Prunee dirintis Mei 2014 lalu. Kue buatan mereka menawarkan lapis surabaya original berupa lapisan cokelat dan lapisan kuning plus sentuhan isi yang istimewa, yaitu selai stroberi, bluberi, dan pilihan dua produk bermerek premium, nutella dan ovomaltine. Untuk stoberi dilengkapi toping almon dan buah stoberi segar. Sedangkan lapis surabaya bluberi bertoping keju parut. Sementara untuk lapis surabaya berlapis nutella dipercantik dengan toping Ferrero Rocher (bola coklat hazelnut). Lalu taburan sereal cokelat dipadukan dengan sugar pearls menjadi toping untuk lapis surabaya Ovomaltine.

Prunee juga menawarkan 2 bentuk lapis surabaya, yaitu bentuk bundar berdiameter 18 sentimeter, dan bentuk kotak berukuran 18 x 18 sentimeter. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 185 ribu – Rp 300 ribu.

Ragam produk istimewa ini dikemas dalam packaging box berdesain mewah, ditambah dengan kartu ucapan personal berupa nama pemberi, penerima, dan keterangan jenis lapis surabaya. “Jadi sangat cocok untuk bingkisan bahkan oleholeh,” imbuhnya.

Cesar memproduksi semua kue setiap hari, dan hanya menggunakan produk halal dan tanpa bahan pengawet. Layanan antar Prunee saat ini menjangkau di seputar Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi dengan biaya antar antara Rp 55 ribu – Rp 80 ribu dengan pesanan minimum satu buah cake.

LAPIS SURABAYA ORIGINAL FILING DURIAN

Sejak dirintis 2 tahun lalu, Butter Cup Patisserie yang berlokasi di Gading Serpong menawarkan lapis surabaya original yang dikombinasikan dengan beragam toping dan filing. Lapis surabaya dibuat dalam ukuran 20x20 cm, dan 7x22 cm. Christine Suyanto (34), dan sang suami, Bunyamin Periyanto, pemilik usaha ini menawarkan 6 varian lapis surabaya, di antaranya original, prune, cheese, Nutella, dan durian. Semua menggunakan varian original yang terdiri dari 3 lapis, yaitu kuning, cokelat, dan kuning.

Varian original menggunakan lapisan selai stroberi. Jika ditambahkan prune sebagai toping, maka jadilah lapis surabaya prune. Christine juga membuat terobosan dengan memanfaatkan buah eksotis durian sebagai filing dan topingnya. “Selai durian ini juga saya buat sendiri menggunakan daging buah durian medan,” sambungnya.

Lapis surabaya keju menggunakan 3 lapis kuning yang diolesi selai keju serta taburan keju parut di atasnya. Sementara untuk citarasa premium, Christine pun mulai menggunakan produk bermerek Nutella sebagai filing pada lapis surabayanya.

Harga lapis legit buatannya dibanderol dengan harga mulai Rp 65 ribu – Rp 210 ribu. Saat ini Christine juga membuka layanan antar untuk kawasan Jakarta (kecuali Jakarta Timur), dan Tangerang. “Untuk pemesanan dari luar kota juga kami layani dengan ongkos kirim ditanggung pembeli,” tutur perempuan ramah ini.

LEBIH ISTIMEWA DENGAN TELUR AYAM KAMPUNG

Kue lapis surabaya istimewa lainnya bisa ditemukan di Sandra Spikoe. Sandrawati (55), sang pemilik, memilih menggunakan telur ayam kampung sebagai bahan utama lapis surabaya. “Telur ayam kampung lebih sehat dan rasanya lebih enak,” imbuhnya.

Agar berbeda dari tempat lainnya, ia juga menawarkan lapis Surabaya beragam bentuk. Sandra memproduksi 3 bentuk, yaitu kotak, bulat, dan bentuk hati. “Bentuk hati ini biasanya laris dipesan untuk acara spesial ulang tahun atau valentin,” imbuhnya.

Keistimewaan lainnya, ia menyediakan beberapa toping yaitu cokelat, keju, prunes, dan kenari. Dari adonan lapis surabaya tersebut, Sandra mencoba mengembangkan dalam bentuk roll tart, gateau africana, dan lainnya.

Ukuran kue pun divariasikan sehingga terbuka banyak pilihan. Untuk lapis surabaya yang berbentuk kotak, tersedia ukuran 10x26, 22x22, dan 26 x 26 sentimeter. Sedangkan yang bulat tersedia ukuran diameter 17 cm - 28 cm. Sementara bentuk hati tersedia ukuran panjang 17 cm dan 26 cm. Harganya bervariasi mulai Rp 8 ribu - Rp 390 ribu.

DIKUKUS DAN DIKEMAS DALAM STOPLES

Inovasi yang berbeda ditawarkan Irham Hadi Pratama (24) melalui produk lapis surabaya kukus yang diberi merek Spikus. Soal keistimewaan Spikus, Irham menuturkan selain hasil kukusan menghasilkan lapis Surabaya yang teksturnya lebih lembut dan lumer di mulut. dan keju. Sedangkan Spikus Choco Lava memiliki komposisi coklat yang lebih banyak di dalam cake-nya, dan lumer begitu digigit. Harga spikusnya dibanderol dengan harga Rp 60 ribu hingga Rp 65 ribu berukuran 20x7 sentimeter.

Keistimewaan lainnya, produk Spiku dikemas cantik dengan dua pilihan. Ada kemasan boks praktis yang dilengkapi tali untuk menentengnya, lalu begitu dibuka wadahnya bisa dijadikan piring. Irham juga melengkapi pisau kue berbahan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.