CICIPI JUGA LUMPIA BERKUAH DAN HANGATNYA SAHOUN AYAM

Saji - - Pelesir -

Diam-diam, di kota ini ada lumpia nikmat yang disajikan dengan ciri khas tersendiri, yakni berkuah. Lokasi jualannya bisa ditemui di deretan ruko sisi barat Pasar Wage, pasar terbesar di kota ini. Namanya Lumpia Kuah Pedas Bang Tanto. Seperti namanya, usaha yang dijalankan oleh Pak Ikmanto (59) dan Ibu Nana (57) ini disajikan bersama kuah. Di lapaknya, pria yang lebih dikenal dengan panggilan Bang Tanto ini menawarkan tiga pilihan kuah dan sambal buatannya sendiri. Pilihannya kuah asam, sambal kacang, atau saos tomat homemade.

Lumpia ini isinya terdiri dari tahu putih yang dihaluskan, irisan wortel, tauge, dan kol. Kulitnya dari adonan terigu yang digilas tipis-tipis lalu digoreng setelah diisi. Bumbu tumisan isinya terdiri dari cabai merah, gula, garam, dan sedikit ketumbar plus kemiri. Andalannya, lumpia tersaji dengan kuah asam-pedas terbuat dari cabai, bawang putih, dan kayu manis yang harum. Selain kuah, ada juga pilihan saos tomat yang dibuat di dapur sendiri dari cengkeh, gula pasir, tomat, dan cabai dilarutkan bersama air dan tepung maizena. Sedangkan bumbu kacang yang legit terbuat dari gula merah, kacang tanah, bawang, cabai, dan garam yang ditumbuk halus, dan diencerkan dengan sedikit air.

Lumpia kuah asam disajikan di dalam mangkuk kecil. Rasanya bercampur asam, manis dan gurih Sedangkan untuk sambal kacangnya, terasa legit di lidah. Saos kacang memang umum digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai makanan khas Banyumasan. Inilah lumpia yang berpadu citarasa khas Banyumas.

Untuk menikmati satu potong lumpia kuah, kita cukup merogoh kocek Rp 2 ribu. Pelanggan biasanya menikmati dua atau tiga potong lumpia sekaligus. Warung ini buka setiap hari Selasa hingga Sabtu mulai pukul 18 hingga ludes tak lewat dari tengah malam. Sedikitnya seratus lima puluh potong lumpia habis dibeli pelanggannya setiap hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.