BENTUK, ISI, DAN KELEMBUTAN KUNCI SUKSES JUALAN BAKPAO

Saji - - Inspirasi Usaha - TEKS MIFTAKH F., NANDA • FOTO MIFTAKH F., NUGRAHA., DOK PRIBADI • VISUAL KHARISMA

Bakpao dengan bentuk kelopak bunga mawar adalah produk andalan Bakpao Rose di Bandung. Sejak 10 tahun lalu, Bpk. Singgih Hanoman Nugroho (58) dan istrinya Ny. Meriana mulai merintis usaha ini. Bentuk mawar sengaja dipilih keduanya agar lebih cantik dan menarik dibanding bakpao yang sudah ada selama ini.. “Makanya kami sebut dengan nama Bakpao Rose B,” jelas Singgih

Untuk membuat bakpao seperti itu ada teknik khusus. “Kami menggunakan teknik khusus sehingga permukaan bakpao bisa dilipat-lipat membentuk kelopak bunga mawar,” imbuhnya.

Selain soal bentuk, pasangan ini mencoba menampilkan banyak ragam jenis bakpao dengan menghadirkan beragam jenis isi. Produk bakpao Rose dibagi jadi 2, yaitu bakpao regular dan bapao spesial. Untuk kategori regular tersedia isi bapao klasik dengan pilihan ayam, cokelat, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, dan talas. Sementara kategori spesial menawarkan isian yang lebih modern. Antara lain keju smoked beef, ayam telur asin, sapi kari, dan sapi lada hitam. Kurang lebih ada 8 varian isi yang dibuat di kelompok ini.

Selain bentuk yang cantik dan isi yang bervariasi, warna bakpao pun dibuat tidak hanya putih. Untuk bakpao kacang hijau, misalnya dibuat warna hijau. Sementara bakpao warna cokelat digunakan untuk bakpao isi cokelat dan warna ungu untuk bakpao talas. Untuk Anda yang ingin bakpao kacang merah, disediakan bakpao warna pink. “Semua warna bakpao menggunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi,” jamin Singgih.

Keju regular dibanderol Rp 5 ribu per buah, atau Rp 50 ribu per boks berisi 10 varian. Sedangkan bakpao spesial ditawarkan Rp 70 ribu per boks, juga berisi 10 varian bakpao. Ragam bakpao ini diklaim tahan 3 dan bisa lebih lama jika disimpan dalam lemari pendingin. Bakpao ini bisa dibeli di beberapa outlet di Bandung, namun Singgih lebih mengutamakan layanan antar, khusus Bandung, dan Jakarta. “Jadi sebaiknya memesan agar terjamin ketersediaannya karena kami jarang menyetok sehingga lebih terjamin kesegarannya,” tutup Singgih

RENYAH DI LUAR LEMBUT DI DALAM

hari

Bakpao identik dengan roti yang dikukus. Tetapi di tangan Marlissa Anggina, bakpao dibuat dengan cara digoreng. Bakpao gorengnya bisa kita temukan di gerai Hongkong Story yang baru dibuka Oktober 2014 lalu.

Keistimewaan bakpao ini tekstur kulitnya renyah. Cara pembuatannya sendiri tetap sama. Bakpao dikukus lebih dahulu. Proses penggorengan hanya terletak pada sentuhan akhirnya. “Karena itu bagian dalamnya tetap lembut,” janji wanita yang kerap disapa Lissa ini.

Setelah dikukus, sebelum digoreng, biasanya bakpao dibekukan dahulu. “Bila pembeli memesan, bakpao bisa langsung digoreng hingga kulitnya menjadi renyah,” jelasnya.

Lissa juga menawarkan varian isi pada bapao gorengnya. Isi cokelat adalah salah satunya. Namanya, melting chocolate pao. Dari kelompok cokelat ini ada yang dikembangkan lagi dengan tambahan greentea. Choco green tea pao namanya. Ada lagi choco durian pao

yang sudah dipastikan mendapat sentuhan durian yang ada pada topingnya. Sementara isinya tetap cokelat.

Selain cokelat, ada pao berbasis kacang. Redbean pao khusus disediakan bagi Anda yang gemar makan bakpao kacang merah. Tak hanya manis yang disediakan di gerai ini. Bakpao asin tak kalah banyak variannya. Salah satunya, Chick-chick mayo yang memadukan isi ayam dan toping mayones. Unik, ya?

Semua jenis bapao goreng ini dijual Rp 10 ribu – Rp 15 ribu per 3 buah.

Selain penyajian berupa filing dan toping, Lisa juga menyediakan bakpao tanpa isi yang beken disebut mantau. Mantau ini disajikan setelah digoreng lalu dibelah 2. Dengan kreatif Lissa menawarkan mantau dengan pilihan toping mulai dari kombinasi sosis dengan keju dan mayones. Ada juga pilihan selai cokelat Nutella bertabur marshmallow. Yang istimewa, Lissa menawarkan isi istimewa berisi vla durian dengan aroma kopi, plus taburan keju parut. Paket ini dibanderol dengan harga Rp 23 ribu per porsi, berisi 4 buah mantau goreng. Sungguh kreatif!

BAKPAO BENTUK KARAKTER

Beda lagi yang dilakukan Diana Cahya, pemilik bakpao bermerek “Charpao Diana Cahya”. Kesukaannya pada dunia seni, membuatnya terinspirasi menciptakan aneka ragam bakpao dengan karakter lucu yang begitu disukai anak-anak. “Saya terinspirasi membuat bermacam-macam karakter plus penuh warna,” imbuhnya.

Saat ini, Diana menyediakan 10 jenis untuk bakpao regular, di antaranya bakpao isi daging sapi berbentuk piggy, bakpao keju berbentuk anjing, bakpao daging ayam berbentuk ayam. Sementara bakpao srikaya berbentuk kurakura). Kalau yang dicari bakpao cokelat, maka bentuk bakpaonya akan berbentuk sapi. Bentuk lebah disediakan untuk bakpao kacang merah dan bentuk panda untuk kacang tanah manis.

Diana juga membuat aneka bentuk bakpao karakter yang diambilnya dari aneka bentuk tokoh kartun. Misalnya, bakpao isi butter caramel berbentuk hello kitty). Bakpao vanila berbentuk rilakkuma, dan strboteri bentuk hello kitty daniel. “Sedangkan karakter lainnya masih bisa dipesan sesuai keinginan konsumen. Kira-kira sudah lebih dari 50 jenis karakter pernah saya buat,” ucapnya senang.

Untuk membentuk karakter pada permukaan bakpao, Diana memanfaatkan adonan bakpao yang berbahan terigu, ragi, gula, air, mentega putih dan garam. Sebagian adonan bakpao diberi pewarna makanan yang aman dikonsumsi lalu digunakan untuk membuat komponen karakter seperti mata, bibir, hidung, dan lainnya. Setelah siap diwarnai dan dibentuk sesuai keinginan, lalu dimatangkan dengan cara dikukus.

Ragam bakpao cantik ini bisa dipesan minimal satu boks berisi 12 buah bapao karakter dengan harga Rp 120 ribu. Selain di Jakarta, Diana juga melayani pesanan luar kota, selama terjangkau dengan layanan antar satu hari karena masa konsumsi bapao maksimal 3 hari saja. Jika disimpan dalam lemari pendingin bisa tahan 1 minggu, dan 3 bulan jika dalam freezer. “Simpan bakpao dalam wadah tertutup, dan keluarkan yang hendak dikonsumsi saja agar yang lain tidak cepat rusak. Kukus sebentar saja agar tekstur bakpao lembut kembali,”

tutupnya. BAKPAO BERAGAM ISI

Formula bisnis yang dilakukan Yen Pao juga tak kalah jitu. Dengan mengonsepkan ukuran mini pada semua bakpaonya, Lanny Chandra (61), pemilik Yen Pao bisa menembus segmen pelanggan di dalam mal hingga tak jarang kita harus mengantre saat membelinya. Ukurannya rata-rata berdiameter 6-8 sentimeter saja.

Meski menjual bakpao bentuk klasik, Lanny banyak melakukan terobosan isian bakpao. Sebelumnya orang hanya mengisi bakpao dengan keju parut. Nah, di gerai ini Anda bisa mendapatkan bakpao isi cream cheese. Ia juga mempopulerkan signature pao andalannya yang berisi kelapa yang dikombinasikan dengan karamel.

Di sini juga tersedia pao berisi rendang ayam yang amat disukai banyak kalangan. Pao isi yam kecap hingga ayam teriyaki juga bisa jadi pilihan Anda di sini. Sedikitnya ada 12 macam isi yang ia ciptakan termasuk pao isi kacang yang juga cukup beragam. Selain kacang hijau dan kacang merah, ia juga menjual kacang tanah yang nikmat bahkan yang dikombinasi cokelat. “Anak-anak jadi bidikan di segmen isian jenis ini,” tambah Lanny.

Keunggulan Yen Pao terletak pada kelembutannya. Resep bakpaonya diturunkan dari resep keluarga yang berasal dari leluhurnya di Fu Zhou, Cina. “Saya kembangkan lagi di Indonesia. Yang terpenting kami sudah memiliki sertifikasi halal,” cetusnya.

Semua jenis bakpao ini dibanderol dengan harga sama, Rp 7 ribu per buah. Lanny menyediakan boks khusus berkapasitas 6, 12, hingga 20 buah bakpao. Dalam kondisi dibekukan, bakpao ini bisa bertahan satu bulan. Cukup kukus sebentar, bakpao kembali lembut.

Berkat keuletannya berkreasi, Lanny sudah memiliki 14 gerai di Jakarta, dan 4 cabang di Surabaya, serta dilengkapi layanan antar. Modern, bukan? Padahal 20 tahun lalu Lanny memulai usahanya dengan berjualan bakpao dari rumah.

Nah, kalau mereka bisa sukses berjualan bakpao, Anda pun bisa meniru langkah mereka. Ayo, jualan bakpao!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.