BATAGOR KREATIF BERSELIMUT KARAMEL

Batagor adalah salah satu jajanan populer di Bandung. Biasanya batagor disajikan bersama saus kacang yang legit. Terobosan kali ini, batagor yang disajikan bersama saus karamel. Di Bandung, jajanan lama, namun tampil baru ini tengah digemari.

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED • VISUAL TRIANA TANGJONG

Namanya Batagor Porenges. Batagor ini tidak bergaya klasik dengan mengandalkan saus kacang. Penemunya, Nur Fauziyyah Y (20), menciptakan saus yang berbeda. Ia menciptakan batagor yang sausnya terbuat dari lumuran karamel. Karamel adalah gula yang dicairkan dan dimasak sampai gosong. Larutan gula yang lengket ini digunakan untuk membalut irisan batagor yang tersaji panas-panas.

Setelah disajikan bersama batagor, rasa yang muncul adalah gurih, legit, sekaligus pedas. karena Uzi, nama panggilan Fauziyyah, menggabungkan rempah di dalam saus karamelnya. Tak heran kalau batagornya dinamai, “Porenges”, yang dalam bahasa Sunda kira-kira bermakna tengil alias penuh gaya.

Tiga varian batagor

Ada tiga varian batagor dijual di sini. Selain batagor ikan, ia juga membuat batagor yang adonannya dicampur daging ayam, dan batagor yang dikombinasikan dengan udang. Bentuknya juga dua macam. Diselipkan dalam tahu dan dibungkus kulit pangsit.

Batagor baru diolah setiap kali pesanan datang, termasuk pembuatan sausnya. Bumbu rempah ditumis di hadapan pembeli dan dimasak bersama karamel. Masih ada hal yang unik. Batagor berbalut karamel ini disajikan bersama sayuran rebus yang terdiri dari wortel dan jagung pipil seperti penyajian steak.

Seporsi Batagor Porenges berisi 14 potong batagor dihargai Rp 15 ribu. “Tapi selama masa promosi hingga pertengahan Februari, harganya Rp 10 ribu,” imbuhnya.

Selain batagor, Uzi juga melengkapi menu jualannya dengan pilihan sate bakso bakar, sosis, hingga ceker. Ke Bandung, jangan pernah lupa mencicip batagor nan unik ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.