Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Ibu Nova Serita

Problem yang Ibu alami diatas seringkali dialami oleh usaha rumahan yang baru mulai tumbuh. Saya akan mulai membahas dari letak kesalahannya terlebih dahulu. Banyak pengusaha pemula yang merasa tidak dapat menikmati hasil keuntungan usahanya karena beberapa hal seperti mencampur antara keuangan pribadi dan keuangan usahanya. Belanja dilakukan bersama-sama dengan kebutuhan rumah dan beberapa pengeluaran rumah sering diambil dari uang hasil usaha. Inilah yang membuat pengusaha tidak bisa ”melihat” hasil uang dari usahanya karena memang sudah langsung terpakai untuk kebutuhan rumah tangganya.

Jika melihat perhitungan dan harga jual yang Ibu ceritakan, usaha ini kemungkinan mempunyai potensi keuntungan, namun masalah utamanya biasanya pada penggunaan uang usaha bercampur dengan rumah tangga dan juga tak ada pencatatan serta pengelolaan keuangan secara tepat. Anda harus mulai membuka buku-buku tentang manajemen keuangan usaha untuk mengetahui bagaimana me-manage keuangan secara benar.

Berikut ini akan saya berikan contoh cara perhitungan keuntungan untuk usaha katering rantangan Anda.

Dalam sehari Anda melayani pelanggan sebanyak 20 paket rantangan. Dengan modal Harga Pokok Produksi HPP atau modal pokok 1 rantang sebesar Rp 35.000,- dan harga jual sebesar Rp 75.000,

Perhitungannya adalah :

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.