TAK HANYA PRALINE YANG LAKU DI PASARAN!

Saji - - Inspirasi Usaha - TEKS MIFTAKH F., NANDA • FOTO MIFTAKH F., NUGRAHA., DOK PRIBADI • VISUAL KHARISMA Telp/Whatsapp : 081220836007 BBM : 7DAA5D03 Line : i_ puspitasudjan a

foto untuk dicetak menggunakan printer, yaitu ukuran 3R (8,9 x 12,7 sentimeter) dan 5 R (12,7 x 17,8 sentimeter).

Setelah itu, Sita menyiapkan lempengan cokelat setebal 1,5 cm berbahan dark cooking chocolate sebagai alas fotonya. Ukuran lempeng cokelat ini lebih lebar dari foto yang dicetak karena nantinya akan ditambahkan bingkai mengelilingi foto. Untuk bingkai fotonya, Sita menggunakan cokelat putih (white chocolate). Tujuannya agar bingkai foto bisa didesain dan diwarnai. Pewarnanya menggunakan food colouring yang aman dikonsumsi. Lebar bingkai foto ini sekitar satu setengah hingga dua sentimeter. Harga bingkai foto cokelat ini Rp 40 ribu-Rp 65 ribu.

Bingkai foto lalu dikemas dalam boks cantik sebelum dikirim ke pemesan. Sita juga melengkapi bingkai foto cokelat dengan tambahan praline berbentuk huruf yang bisa dirangkai menjadi kalimat ucapan, atau nama penerima. Satu huruf praline ditawarkan dengan harga Rp 2.500. Dengan masa konsumsi mencapai 3 bulan dalam suhu ruang, tak heran jika kreasi cokelatnya banyak dipesan dari luar kota, bahkan cukup banyak yang berasal dari Jakarta. “Yang penting jangan disimpan dalam lemari pendingin karena akan merusak foto dan permukaannya menjadi berembun dan pudar,” tutupnya.

CHOCOBAR DAN COKELAT SANDWICH

Dari Bandung, ada kreasi cokelat kreatif bermerek Swisher Bites. Bentuknya adalah cokelat batangan yang dibuat dengan beragam pilihan rasa. Cokelat bar ini diberi nama Big Crispy Chokiebar. Produk ini dibuat dari cokelat, oreo cookies, plus rice cereal yang memberikan sensasi krispi di dalamnya. Lalu dari bahan dasar tadi, diciptakan 6 pilihan rasa Big Crispy Chokiebar ini. Ada matcha greentea, taro (ubi ungu), coffee latte, stroberi, white chocolate, dan dark chocolate.

Satu buah bar berbobot 140 gram dan dibanderol dengan harga Rp 55 ribu. Cokelat bar ini dikemas dalam dus warna-warni sesuai rasanya. Indah Puspita, dan Taufik Hidayat, adalah kakak beradik yang menciptakan cokelat batang aneka rasa ini pada tahun 2013 lalu. Mereka melabelinya dengan merek Swisher Bites yang merupakan singkatan ‘Sweets by sister and brother’.

Selain cokelat bar tadi, Swisher Bites juga punya produk kreatif lainnya, berupa sandwich chocolate. Sandwich yang memanfaatkan biskuit oreo ini diberi nama Chocowichies. Biskuit lapis krim ini dicelupkan dalam cokelat nan lembut dengan pilihan rasa yang sama dengan cokelat batangan. Camilan cokelat ini didesain untuk 3 - 4 kali gigitan saja. Chocowichies dikemas cantik dalam kemasan kaleng bundar berdesain keren. Setiap kaleng berisi 3 buah Chocowichies dengan bobot 75 gram, dan ditawarkan dengan harga Rp 35 ribu.

Kedua jenis camilan cokelat ini bisa dipesan online ke seluruh Indonesia, dan dapat memiliki masa konsumsi selama 3 bulan. Dalam waktu dekat, ia akan meluncurkan produk baru bernama Choconut yang merupakan kombinasi cokelat dan kacang. “Choconut akan diluncurkan pertengahan Februari nanti bersamaan dengan hari Valentine,” tutupnya.

PIZZA COKELAT DAN CHOCO GINGER

Di tangan Adam Halim, cokelat dikreasikan jadi berbagai makanan modern yang banyak disukai anak muda. Konsep yang diangkatnya adalah makanan berbahan dasar cokelat yang disajikan di kafe yang dinamainya Gerobak Cokelat. Sebutan “gerobak” sengaja di pilih Adam sebagai ciri khas untuk membedakan kafenya dengan kafe lainnya.

Di sini ia membuat menu andalan pizza cokelat. Pizza tipis berdiameter 15 sentimeter ini dasarnya dilapisi dengan susu kental manis, dan cokelat leleh, lalu ditaburi cokelat meses dan cokelat parut, plus keju. Rasa cokelat yang manis begitu terasa dalam setiap gigitan. Kelezatannya bisa Anda tebus dengan harga Rp 12 ribu saja.

Sajian cokelat lainnya adalah bola cokelat. Menu ini menawarkan bola-bola cokelat pekat yang diolah bersama biskuit yang dihancurkan, kemudian dibentuk bundar. Saat disajikan, seporsi menu yang berisi 4 buah bola cokelat ini kemudian disiram dengan lelehan dark chocolate. Rasa bola cokelat yang manis berpadu dengan cokelat leleh yang sedikit pahit menyajikan sensasi lumer yang sensasional di dalam mulut. Sajian ini ditata modern dan cantik bersama dua potong wafer cokelat. Dengan banderol harga Rp 8 ribu saja, bola cokelat ini laris luar biasa.

Di deretan minuman, ada Chocofreeze yang jadi andalan. Minuman ini hasil campuran susu cokelat dan cokelat pekat beku yang diblender hingga halus dan kental. Bagian atasnya yang foamy (berbuih) ditaburi parutan cokelat yang membuat minuman dingin ini terasa cokelat banget! Versi panasnya juga tak kalah enak. Adam Halim juga mengombinasikan cokelat dengan jahe. Namanya Ginger Chocolate. Paduan cokelat panas berbahan cokelat pekat ini ditambahkan bubuk rempah jahe membuat rasanya istimewa. Ragam minuman ini dibanderol mulai Rp 10 ribu – Rp 25 ribu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.