Anda yang ingin berjualan cokelat musiman, bukan untuk usaha rutin, sebetulnya bisa membuat permen cokelat yang mudah. Praline, orang menyebutnya. Hanya tinggal mencairkan, memberi isi lalu mengemasnya. Simak hal berikut sebelum mencoba membuatnya.

Saji - - Bahan & Alat -

PILIHAN COKELAT

Untuk membuat praline, bisa digunakan cokelat compound. Ada tiga pilihan, yaitu: -DARK CHOCOLATE Warnanya pekat, lebih terasa cokelatnya, tetapi hasilnya keras. Karena itu pemakaiannya boleh digabung dengan milk chocolate supaya tidak terlalu keras. -MILK CHOCOLATE Warnanya lebih terang, terasa susu, tetapi hasil pralinenya tidak terlalu keras. -WHITE CHOCOLATE Rasanya susu, pembuatannya agak perlu perhatian karena penanganan yang keliru, bisa bergumpal. Bila tak punya cokelat yang berwarna, bisa menggunakan cokelat putih ini dengan tambahan pewarna cokelat atau pewarna kue biasa. -ISI Untuk isi cokelat, bisa digunakan isi yang siap pakai atau diolah dahulu.

Isi yang siap pakai adalah: kacang-kacangan atau kimis.

Isi yang harus diolah adalah: campuran susu dan cokelat yang kemudian ditambahkan bahan lain seperti kacang, buah kering, tape, biskuit, atau kelapa kering. -TABURAN Anda bisa juga membuat campuran krim/susu dan cokelat lalu menaruhnya di dalam lemari es hingga bisa dibentuk. Karena hasilnya tak akan bisa keras, maka harus digulingkan di atas bahan tertentu supaya bisa dipegang. Misal, rice crispy, kacang sangrai yang dicincang kasar, meises, atau bahan lainnya.

TEKNIK PEMBUATAN

Cokelat tidak boleh terkena air atau lemak. Yang penting lagi cokelat juga tidak boleh kena panas tinggi. Panas terlalu tinggi membuat cokelat jadi bergumpal atau tidak mengkilat. Karena itu jika tak memiliki panci listrik khusus untuk mencairkan cokelat, lebih baik, lakukan cara ini:

• Panaskan air di dalam panci berdiding pendek .

• Matikan api. Masukkan wadah berdinding tinggi berisi irisan cokelat.

• Aduk-aduk sampai cokelat cair. Bisa jadi setelah diaduk pun cokelat tidak mencair. Penyebabnya, air kurang panas atau irisan cokelat terlalu besar. Dalam hal ini, keluarkan wadah berisi cokelat dari air rendaman. Didihkan air kembali lalu matikan api. Masukkan kembali wadah berisi cokelat . Aduk sampai larut.

ATUR TEMPERATUR DAHULU

Sebelum dituang ke dalam cetakan cokelat, aduk-aduk dulu cokelat. Bagus sekali kalau diaduk di atas meja marmer sampai temperaturnya pas. Cara ini membuat cokelat jadi mengkilat.

Jangan cepat-cepat meletakkan isi. Di dalam cokelat. Biarkan agak kental dahulu. Lalu tutup dengan cokelat lagi.

Untuk mengeraskan cokelat, letakkan dalam freezer. Kalau sudah membeku, cokelat mudah dikeluarkan dari cetakan. Tapi sampai embunnya hilang.

Menyimpan cokelat bisa di dalam wadah kedap udara. Kalau isi dari bahan yang tidak mencair, cokelat bisa disimpan di suhu ruang. Kalau isi dibuat dari wadah yang mencair seperti campuran susu dan cokelat, maka wadah berisi cokelat harus ditaruh di dalam lemari pendingin. ISI Jangan ragu berkreasi dengan sisi. Cokelat sekarang diisi dengan bahan yang tidak biasa. Moci, misalnya, atau tape ketan. Bahkan dengan bahan yang pedas rasanya. Ternyata banyak, kok, penggemarnya.

KEMASAN

Kemasan sangat penting pada cokelat terutama bila dipasarkan di saat hari Kasih Sayang seperti ini. Wadah sebaiknya dari bahan tembus pandang supaya orang bisa melihat cokelat Anda yang cantik.

Ingat, setelah diwadahi suhu sekitar tidak boleh terlalu panas agar cokelat tidak berubah bentuk.

Nah, Anda sekarang pasti sudah siap membuat praline. Tinggal memasarkannya saja. Sukses sudah menunggu. Jangan ragu lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.