KULINER TERKAIT LOGAM BERJAYA

Saji - - Artikel - TEKS SHANTI K • FOTO DOK. PRIBADI • VISUAL KHARISMA

Menurut ahli fengshui sekaligus pakar perwajahan/ baca rupa ini, bisnis yang terkait makanan yang paling sesuai dengan elemen tersebut adalah segala sesuatu yang berasal dari unsur logam. “Karena logam didukung oleh tanah dan logam sekaligus pula menguasai kayu,” tegas penulis buku Seri Seni Baca Rupa “Atlas KehidupanMemahami 12 Astana Wajah” yang diterbitkan Penerbit Lily dan Eddy ini.

Bisnis yang berhubungan dengan makanan dan berunsur logam adalah peralatan masak, perkakas dapur, peralatan makanan, dan segala sesuatu yang terbuat dari logam. Erwin menjelaskan sifat dasar logam adalah pembentuk, sehingga alat masak yang spesifik, misalnya loyang dari logam, akan lebih laku dari pada yang terbuat dari bahan lain (contohnya, silikon atau kertas).

Selain membentuk, alat dapur yang sifatnya selaras dengan logam adalah menghancurkan. Ibarat pisau, perkakas dapur yang sifatnya menghancurkan juga akan sangat mudah dijual. Misalnya pemeras jeruk atau pisau.

JIKA TELANJUR BERBISNIS MAKANAN

Bagi para pengusaha makanan yang sudah menjalankan bisnisnya, tahun kambing kayu merupakan tahun yang tetap bersinar. Bahkan bisnis makanan memiliki usia yang panjang hingga tahun 2043. Namun beberapa hal perlu diperhatikan di tahun kambing. Misalnya, berdasarkan sifat logam, maka elemen ini berada di arah barat. Arah ini berpengaruh besar terhadap jenis makanan yang dijual tahun ini. Sesuai sifat arahnya, maka jenis makanan yang selaras dengan arah logam adalah makanan barat. Selain lebih kompetitif, bisnis masakan barat memiliki peluang besar untuk berkembang dan maju. Misalnya, masakan yang dibawa dari Amerika atau Eropa.

Lantas bagaimana jika kita sudah berbisnis makanan yang bukan masakan barat?

Tentu saja Anda tak perlu khawatir. Di dalam fengshui, segala sesuatu bisa diubah. Tentu saja bukan sertamerta mengubah jenis makanannya. Jika produk yang Anda jual adalah masakan tradisonal, maka tampilkan secara lebih modern dan menarik. “Jadi tinggalkan gaya penyajian yang kuno dan seadanya,” tuturnya.

Erwin memberi contoh lain. Bisa saja membuat masakan barat dengan citarasa dan bahan lokal. Atau makanan tradisional lalu dikemas dalam kemasan modern dan elegan. Penciptaan menu baru akibat penggabungan barat dan timur juga dapat dilakukan.

CITA RASA DI TAHUN KAMBING KAYU

Bicara soal makanan, maka rasa tak akan lepas dari pengaruh sifat elemen logam. Tahun kambing, rasa pedas dengan bumbu banyak atau melimpah akan lebih memikat pelanggan karena logam memiliki sifat pedas. Sedangkan rasa yang kurang selaras adalah asin dan berbumbu sedikit karena kedua rasa ini berhubungan dengan elemen air.

Lantas bagaimana dengan usaha kue yang didominasi rasa manis? Bagi pelaku usaha bakeri dan cakeshop, unsur yang melekat adalah tanah. Tanah memiliki rasa manis. Usaha kue dan roti akan tetap berjalan, namun menurut Erwin perkembangannya biasa saja. Jika mau bertahan, maka bentuk kue, kemasan dan penyajian bisa dibuat lebih modern, mewah, dan berkelas.

YANG TIDAK SELARAS DI TAHUN KAMBING KAYU

Tahun depan, tetap ada beberapa jenis makanan yang tidak sesuai dijual jika Anda baru akan terjun ke dalam bisnis makanan. Bagi yang akan mulai usaha tahun depan, Erwin menyarankan untuk menghindari berjualan masakan yang berlemen air. Jenis masakan yang dinaungi elemen ini adalah chinese food.

Jenis usaha lainnya yang kurang selaras tahun depan yang berkaitan dengan transportasi. Jasa transportasi dalam bisnis makanan adalah jasa delivery atau pengantaran makanan. Pelaku usaha yang sudah terjun di bidang delivery, sebaiknya memperhatikan sifat logam sehingga bisa terhindar dari masalah selama menjalani usahanya.

Salah satu sifat logam yang menonjol adalah disiplin. Ada baiknya melakukan pelatihan penerapan disiplin yang baik pada karyawan delivery. Lalu sediakan kotak P3K di setiap motor dan panduan keselamatan di jalan raya. Mengecek dan memelihara kondisi motor secara teratur juga salah satu bentuk disiplin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama menjalani roda usaha delivery. “Tahun kambing kayu juga saatnya membentuk karyawan yang tangguh,” tambahnya lagi

Sifat logam yang penting harus diketahui adalah legal. Artinya, segala sesuatu harus dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku. Hindari melanggar lalu lintas untuk menjaga keselamatan Anda sendiri. Asal disiplin, segala hal yang tidak baik dan menimbulkan kerugian dapat dihindari.

PROMOSI YANG EFEKTIF

Salah satu sifat logam adalah berkelas (luxury). Maka promosi yang dilakukan pun harus berkelas. Berpromosi secara hard selling akan sulit meningkatkan penjualan. Cara yang baik berpromosi di tahun kambing, dengan memberikan pengalaman terbaik yang bisa Anda “jual”. Misalnya melalui pelayanan yang baik dan berkelas, penampilan makanan yang bagus, hingga pengalaman makan yang tak sekedar soal rasa belaka.

Pengalaman inilah yang nanti akan jadi cerita yang positif dan menyenangkan kepada orang lainnya, bisa melalui media sosial maupun mulut ke mulut. Mengapa dari mulut ke mulut penting di tahun kambing? “Karena elemen logam memiliki sifat suara,” jelas Erwin.

Di samping promosi, perlu diperhatikan juga bentuk wajah si pelaku usaha kuliner karena profil fisik, psikologis dan emosi seseorang dapat dibaca pada wajahnya dengan menggunakan beragam teknik seni BacaRupa. Itu sebabnya Erwin Yap merasa perlu membuat buku “Atlas Kehidupan-Memahami 12 Astana Wajah” untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam soal bentuk wajah dan hubungannya dalam karier dan pekerjaan. Buku itu juga mengemas informasi 12 daerah wajah dan informasi dasar Seni BacaRupa dikemas dengan kekentalan nuansa Jawa dan Tiongkok yang informatif.

Dewasa ini, kalangan awam sudah semakin mengenal pelbagai ilmu metafisika Tionghoa. Dari praktik umum akupunktur, olahraga beladiri seperti Taiji dan Wushu, sampai Fengshui dan pengenalan tentang shio. Sebagaimana halnya ilmu lain-lainnya yang sudah terstandarisasi bagi konsumsi di sekolah, metafisika Tionghoa sebagai ilmu, bukan klenik, mengalami tahap observasi dan pengumpulan data empiris yang akhirnya disimpulkan sebagai formula praktis. Formula-formula inilah yang perlu dipraktikkan dengna tujuan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Shio, sebenarnya adalah indikator waktu saja. Sama seperti penyebutan urutan bulan kalender internasional, seperti Januari, Februari dst., maka pada kalender Tionghoa, penyebutan satuan waktu dinamai dengan nama 12 binatang. Dari satuan unit jam, sampai unit tahun, semuanya menggunakan nama ke-12 binatang ini. Pelajaran tentang shio memang lebih rumit dibandingkan dengan pelajaran yang setara namun leibh mudah dipelajari, yaitu ilmu membacarupa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.