Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Ibu Leni, Anda masih bingung memilih diantara dua usaha yaa? Saran saya Anda memilih dengan produk masakan yang paling Anda sukai dan kuasai. Tujuannya agar lebih mudah mewujudkan usahanya untuk yang pertama. Jika usaha sudah berjalan lancar barulah membuka usaha dengan pilihan kedua.

Di dalam usaha warung nasi atau kedai mie ayam pangsit sebaiknya Anda membagi produk jual dalam 2 kategori yaitu : produk utama dan produk pelengkap.

Produk utama adalah menu andalan yang menjadi jualan utama usaha Anda. Sedangkan produk pelengkap adalah produk yang menjadi pelengkap produk utama. Contohnya antara lain sebagai berikut :

Dengan melihat contoh diatas Anda sudah tahu kan bagaimana gambaran menentukan produk utama dan produk pelengkap. Sebenarnya apa manfaat dari direncanakannya produk utama dan produk pelengkap ? Dengan merencanakannya sejak awal Anda akan lebih mudah melakukan tahapan perencanaan selanjutnya. Misalnya : jika sudah tahu apa produk utama usahanya maka akan segera melakukan uji coba masakan. Tak ada lagi cerita bingung mau masak apa untuk produk jualnya. Selain itu Anda juga harus menemukan resep paten yang ukuran bahan serta bumbunya pas, sehingga rasa makanan selalu konsisten.

Jika semua makanan sudah diuji coba dan Anda sudah mendapat resep patennya, selanjutnya Anda juga bisa menghitung biaya produksi untuk masing-masing menu dan tahu berapa modal pokok dari tiap porsi menu makanan . Dengan menghitung besaran modal pokok tiap porsi untuk selanjutnya Anda bisa menentukan harga jual dan keuntungannya. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.