KUE SUS KAYA WARNA DAN RASA

Kue sus yang tampil berwarna-warni ini muncul di Bandung 3 bulan lalu. Namanya Soes Friendees. Ada yang berwarna hijau, cokelat, merah, kuning, dan masih banyak lagi. Mari kita tengok!

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED • VISUAL TRIANA TANGJONG

Sebuah toko mungil di kawasan Kopo, Bandung ini begitu ramai dipenuhi pembeli. Mereka memburu sepotong kue soes yang memang berbeda dari soes kebanyakan yang sudah dijual bertebaran di antero Bandung. Soes buatan Desi Ekawati (39) ini punya beragam rasa yang pilihannya berbasis rasa-rasa kue populer, namun dihadirkan dalam sajian soes. Pilihannya ada greentea, tiramisu, durian, chocochip, oreo, keju, fruit, taro, dan yang terbaru adalah red velvet.

Kue soes ini sangat menarik penampilannya. Warna kulitnya berwarnawarni mulai dari kuning original, cokelat muda, cokelat gelap, hijau, hingga merah. Kulit dan isinya dibuat sesuai varian rasa isinya. Misalnya soes greentea, kulitnya ditambahkan pasta greentea sehingga berwarna hijau. Sementara isinya dibuat dari pasta greentea dipadukan dengan vla, bubuk greentea, plus krim. Ketika dibelah, penampilannya cantik karena kombinasi kulit dan isinya sama-sama berwarna hijau, hanya berbeda gradasi warnanya. Kulitnya terasa renyah, berpadu dengan isi vla dengan rasa dan aroma greentea yang khas.

Jenis lainnya ada soes tiramisu dan choco chip yang tekstur kulit soesnya berwarna cokelat muda karena tambahan cokelat. Lalu isinya menggunakan vla cokelat yang dipadukan dengan choco chip. Begitupula dengan soes rasa tiramisu, kulit dan isinya memiliki rasa dan tekstur khas tiramisu yang kaya dengan harum kopi.

Ada juga kue soes yang kulitnya berwarna cokelat gelap. Untuk kue soes ini, Desi menggunakan cokelat pekat. Sedangkan isinya, Desi memadukan vla cokelat dengan taburan biskuit oreo yang dihancurkan. Khusus yang satu ini, larisnya bukan main!

Yang terbaru, Desi baru saja merilis soes red velvet. Kue soes berkulit kemerahan ini berisi krim yang dipadukan dengan taburan red velvet cookies buatan sendiri. Unik, ya!

Soes isi buah

Selain menyediakan soes berwarnawarni, Desi tetap menyediakan kue soes berkulit original. Namun Desi tetap memodifikasi isinya. Misalnya menciptakan rasa durian. Buah duriannya dipilih dari jenis monthong yang sudah dipisahkan dari bijinya lalu diolah dengan campuran krim. “Jika sedang tak musim monthong, kami ganti dengan durian lokal dari medan,” jelasnya.

Selain durian, ada juga soes yang diciptakan Desi dengan buah-buahan segar lainnya. Misalnya irisan stroberi dan anggur. Jadi saat pembeli memesan, kulit soes baru dibelah dan diolesi vla, terakhir diberi toping buah-buahan segar ini dan ditutup. Soes berisi buah-buahan segar rasanya tak kalah enak, dan menyegarkan. Untuk kue soes ini masa konsumsinya relatif singkat, hanya satu hari saja. “Khusus fruit soes biasanya berdasarkan pesanan saja karena daya tahannya singkat. Sementara soes jenis lainnya bisa bertahan sampai dua hari,” jelasnya.

Tersedia juga soes taro yang berisi vla berwarna keunguan karena penambahan bubuk taro (talas). Semua jenis kue soes berbobot kira-kira 200 gram ini dijual Rp 5 ribu per buah. Desi menjual soes aneka warna dan rasa ini di tokonya secara langsung dan melayani pesanan layan antar juga untuk wilayah Bandung. Kue soes ini kini laris dipesan dalam berbagai acara mulai dari arisan, hingga ulang tahun sehingga ketenarannya begitu cepat tersebar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.