Seledri potongan

Saji - - Cara Bertanam -

Mengonsumsi seledri memiliki citarasa segar dan renyah. Dalam 100 gram seledri mengandung berbagai zat gizi seperti terlihat pada tabel.

Tabel: Kandungan gizi seledri tiap 100 gram bahan

ZAT GIZI

Kalori Protein Lemak Karbohidrat Kalsium Fosfor Zat besi Vitamin A Vitamin B1 Vitamin C Air

JUMLAH

20,00 kal 1,00 gram 0,10 gram 4,60 gr 50,00 mg 40,00 mg 1,00 mg 130,00 SI 0,03 mg 11,00 mg 93,00 gram

Dari tabel menunjukkan bahwa, seledri kaya akan zat kalsium, fosfor, dan vitamin A. Pada daun seledri juga mengandung zat glucosida, apiin, apiol, dan plavonoid. Zat-zat tersebut dapat berfungsi sebagai penyembuh beberapa penyakit antara lain: hipertensi. Siapkan daun seledri secukupnya. Lalu, daun-daun seledri diperas dengan air masak secukupnya, lalu disaring. Silakan diminum 3 kali sehari 2 sendok makan. Sebaiknya dilakukan secara teratur. Juga bisa mengobati reumatik. Ambil setangkai daun seledri, lantas dicuci bersih pada air yang mengalir. Daun-daun seledri ini dihidangkan sebagai lalapan setiap kali makan.

(A.graveolens L.var.sylvestre Alef.). Jenis seledri ini biasa dipanen dengan cara memotong tanaman pada pangkal batangnya. Dari ketiga jenis seledri tersebut di atas yang banyak ditanam dan dimanfaatkan di negeri kita adalah jenis seledri daun.

Daun seledri bersifat majemuk, menyirip ganjil dengan anak daun sekitar 4-7 helai. Jika dicermati lagi, tepi daun tampak beringgit dengan pangkal sedangkan ujungnya runcing. Tulangtulang daun menyirip berukuran lebar 2-5 cm dan panjang 2-7,5 cm. Tangkai daun tumbuh ke pinggir batang atau kadang tegak ke atas. Warna tangkai daun tersebut hijau atau kadang hijau keputih-putihan. Jadi, jelaslah daun seledri ini tampak indah. Dengan daun yang indah itu, tak menutup kemungkinan seledri ditanam dalam pot. Kegiatan ini boleh dikatakan semacam hobi yang bisa diterapkan di sekitar griya kita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.