Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Ibu Dita, Pencatatan pengeluaran mempunyai peranan penting dalam manajemen keuangan usaha. Seringkali pemilik usaha atau karyawan malas atau tidak disiplin dalam pencatatan, akibatnya pemilik usaha tidak tahu berapa jumlah pengeluaran yang telah dilakukan.

Pemilik usaha terkadang mengeluhkan sering kehabisan uang cash dan tak tahu secara persis dikeluarkan untuk membeli apa saja? Bahkan alur keuangan terasa lebih banyak untuk pengeluaran ini dan itu tanpa tahu sebenarnya usaha ini punya keuntungan atau tidak ?

Mulai sekarang Anda harus melatih karyawan Anda untuk disiplin dalam pencatatan keuangan. Tidak hanya catatan pengeluaran, catatan lain seperti pemasukan dan stok bahan juga harus rutin dilakukan. Jika tidak dilatih disiplin keuangan tentu keuangan makin amburadul dan bisa saja terjadi penyelewengan dalam penggunaannya.

Catatan Pengeluaran Usaha mempunyai kegunaan adalah untuk mencatat semua pengeluaran usaha seperti : modal bahan baku seperti pembelian buah, gula, kemasan dan sebagainya. Selain pembelian bahan baku segala pengeluaran untuk biaya operasional juga harus tercatat seperti pembayaran sewa, biaya transport, gaji dan sebagainya. Jika keuangan dipegang oleh pihak lain Anda perlu mengatur cara pengontrolannya. Berikut ini saya akan berikan tipnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.