TAMPILKAN CILOK MODERN DAN BERGAYA

Saji - - Aktual -

Camilan yang satu ini uniknya bukan main. Bentuknya seperti nugget, tapi cara menyantapnya meniru gaya makan popcorn. Padahal tak terbuat dari jagung maupun ayam, melainkan berasal dari jajanan tradisional beken di Jawa Barat, cilok. Tak sampai di situ penyajiannya. Ada sambal kreatif yang menyertainya. Sungguh kreatif!

Namanya poplok, paduan dari “cilok” dan popcorn. Adonannya memang cilok, tetapi cara santapnya seperti popcorn. Cara jitu membuat cilok tampil modern. Hidangan yang kenyal di dalam dan renyah di luar ini, makin nikmat karena saat disajikan bersama saus cocolan kreatif hasil buatan Mochilok, gerai cilok yang memproduksi poplok ini. Sausnya terdiri dari 6 pilihan rasa, yaitu sambal dabu-dabu, sambal goang, dan saus kacang. Ketiga saus ini bercita rasa tradisional. Pilihan lainnya ada saus keju, saus teriyaki, dan saus asam pedas.

Saat dipesan pembeli, cilok yang sudah dikukus langsung dipanir dengan tepung roti lalu digoreng kering. Sajian ini jadi menyerupai nugget. Agar praktis dan bisa dinikmati tanpa piring, bahkan bisa sambil jalan-jalan, poplok dikemas dalam wadah paperbag persis sajian popcorn di bioskop. Di atasnya disiram pilihan saus atau disajikan terpisah jika pembeli menginginkannya. Per porsi poplok berisi 32 butir dan dijual seharga Rp 10 ribu-Rp 15 ribu, tergantung pilihan sausnya.

Imanuddin (33), melempar poplok ke pasaran, Maret 2015. Ide awalnya muncul ketika ia melihat begitu banyak orang menyukai popcorn dan menjinjingnya ke manamana sambil jalan. “Begitu praktis, sekaligus bergaya,” tuturnya.

Imanuddin juga menjual produknya dalam bentuk beku yang bisa bertahan selama sebulan sehingga bisa dibawa ke luar Bandung. Sungguh pilihan oleh-oleh menarik di antara banyak pilihan oleh-oleh di Kota Kembang.

TEKS SHANTI KUSMAYANTI • FOTO DOK. PRIBADI VISUAL TRIANA TANGJONG

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.