KONSEP USAHA UNTUK CALON PENGUSAHA KATERING

Pada suatu kesempatan, saat mengajar pelatihan manajemen katering di sebuah klub memasak, saya meminta para peserta untuk menentukan ide usaha dan konsepnya sebelum memulai usaha. Saya menanyakan pada masing-masing peserta, ide usaha katering yang diingin

Saji - - Panduan Usaha - TEKS WULAN AYODYA • ILLUSTRASI ISTIMEWA • VISUAL KHARISMA

Jawaban tersebut sudah menggambarkan ide usaha yang diinginkan yaitu katering penyedia makan untuk karyawan. Konsepnya juga jelas, penyedia makanan untuk kantor di tempat dia bekerja dengan sistem kontrak. Ternyata beberapa peserta lain punya jawaban yang berbeda. Ada yang ingin buka usaha katering rantangan untuk pesanan rumah tangga karena sekaligus untuk masak di rumah, ada yang ingin punya usaha katering khusus pesanan boks saja karena modalnya terbatas, dan adapula peserta yang kreatif ingin punya usaha katering yang mengikuti trend diet ‘Mayo’ dan masih ada beberapa ide usaha katering lainnya.

Dalam membuka usaha, kerja keras dan ketekunan saja tidak cukup, perlu bagi pemilik usaha menentukan konsep usaha sehingga usaha katering berjalan lebih terarah sesuai konsep. Apabila usaha memiliki konsep yang jalan akan lebih memudahkan bagi pemilik mencapai targetnya.

Konsep usaha merupakan hal awal bagi pemula usaha, merupakan bentuk usaha yang ingin dilakukan. Sebagai contoh bagi pemula usaha katering Ani, ingin membuka usaha katering dengan konsep rantangan makan siang bagi karyawan departemen store di kawasan dekat tempat tinggalnya. Ani mempunyai konsep awal usaha yang jelas, ingin menjaring konsumennya yaitu karyawan departemen store yang perlu makan siang keluar dan ingin mendapatkan menu makan siang yang lengkap dan murah. Ketika Ani sudah menentukan konsep awal usahanya, maka langkah untuk memulai usahanya sudah jelas yaitu Ani harus menyediakan menu nasi dan lauk dengan kemasan rantang dan diantar ke tempat karyawan makan siang. Untuk melakukan bisnis ini Ani memerlukan rantang plastik dan peralatan penunjang lainnya serta memerlukan kendaraan yang dapat mengantar rantangannya.

Secara umum penentuan konsep kan berbeda antara satu pemilik usaha katering dengan yang lainnya. Bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan konsep usaha katering, Anda dapat menentukan konsep dengan langkah berikut ini :

Konsep usaha dapat ditentukan berdasarkan beberapa hal sebagai berikut :

1. KEAHLIAN YANG DIMILIKI

Contoh, karena Zubaidah pintar memasak aneka masakan daerah asalnya dari Padang, Sumatera Barat , Ia ingin buka katering dengan aneka menu masakan Padang. Menurutnya, orang hanya kenal masakan Padang yang banyak terdapat di warung atau restoran Padang, namun banyak jenis masakan khas Sumatera Barat lainnya yang bervariasi dan belum dikenal luas. Dengan keahlian memasak aneka masakan Padang mulai yang umum sampai menu khusus yang sangat tradisional itulah yang mendorongnya ingin buka usaha Katering Masakan Padang Asli!

2. MODAL YANG DIMILIKI

Contoh, Tria dan Yanti , masing-masing ingin buka usaha katering, namun karena kemampuan modal masing-masing berbeda, maka pilihan konsep kateringnya berbeda. Tria punya modal antara 200-300 juta, Ia bisa punya usaha katering untuk gedung skala kecil. Dalam sehari Ia bisa menerima pesanan 500- 1000 porsi. Namun berbeda dengan Yanti, modal yang dimiliki hanya 10 juta. Sehingga konsep usaha katering yang paling memungkinkan untuk modal sekitar itu adalah menerima pesanan nasi box di bawah 500 box, atau katering rantangan untuk beberapa rumah tangga.

3. LOKASI YANG ADA

Contohnya, karena punya lokasi yang strategis dan dekat keramaian, maka Linda bisa menentukan konsep usaha menyediakan makanan siap antar bagi karyawan sekitar lokasi rumah, bisa dalam bentuk rantang, box, atau nasi bungkus karena memiliki lokasi rumah yang cukup untuk masakmemasak dan lokasi yang strategis dekat perkantoran.

4. PELUANG YANG ADA

Contoh, belakangan ini gaya hidup sehat mulai marak diminati. Dina yang juga merupakan ahli gizi sudah melakukan pola makan sehat sejak lama dengan aneka bahan alami organik. Dina ingin menentukan konsep usaha menyediakan makanan khusus dari bahan organik karena melihat peluang masyarakat yang sudah mulai sadar hidup sehat dengan makan makanan organik. Selain menyediakan menu organik, Dina juga menyediakan menu diet sehat dengan program yang dibuatnya sendiri.

5. FASILITAS YANG DIMILIKI

Contoh, Vita punya usaha penyewaan alat pesta selain itu Ia juga punya mobil dengan bak terbuka juga mobil box untuk disewakan. Karena sewa alat pesta hanya ramai di hari-hari tertentu, maka agar asetnya lebih produktif Vita ingin buka juga usaha katering pesta. Menentukan konsep usaha menyediakan makanan katering pesta karena memiliki usaha penyewaan alat pesta adalah konsep yang sangat menguntungkan. Pemilik usaha penyewaan alat pesta memanfaatkan fasilitas alat pesta dengan sekaligus membuka usaha katering sehingga keuntungan tidak hanya dari satu bisnis.

6. KEINGINAN ATAU HOBI

Contoh, karena Miranda sangat hobi membuat aneka macam kue basah dan enak, Ia menentukan konsep usaha menyediakan katering khusus aneka snack karena memiliki hobi membuat kue-kue. Hobi membuat kue disalurkan dengan membuka katering khusus kue-kue kecil dan disalurkan ke berbagai perusahaan travel atau bis pariwisata untuk penyediaan snack saat berwisata atau perjalanan rombongan.

7. KEBUTUHAN

Contoh, Mutia bekerja disebuah perusahaan yang berkantor di sebuah gedung bertingkat puluhan lantai. Ia melihat banyak kantor di sekitarnya membutuhkan jasa katering untuk jamuan tamu dengan jumlah terbatas.Karena itu ia ingin menentukan konsep usaha menyediakan servis katering bagi kantor atau perusahaan yang membutuhkan jasa katering berupa jamuan makan prasmanan atau menu khusus yang istimewa..Jasa katering ini khusus bagi perusahaan yang butuh jamuan khusus untuk klien atau tamunya dengan jumlah yang tak terlalu banyak atau terbatas.

PENERAPAN IDE DAN KONSEP PADA USAHA KATERING

Bagaimana cara konsep dapat diterapkan pada operasional usaha katering? Bila Anda sudah memilih ide dan konsep, contohnya ide usaha Anda adalah katering rantangan, tentunya persiapan yang Anda lakukan seperti membeli peralatan, menyiapkan lokasi usaha dan membidik pelanggan akan disesuaikan dengan ide usaha usaha rantangan tersebut.

Bila usaha rantangan, alat seperti rantang sudah merupakan peralatan makan yang wajib dimiliki. Tetapi bila punya ide membuka usaha katering pesta, Anda tidak membutuhkan rantang, melainkan perlengkapan makan lainnya seperti piring, gelas, garpu, dan sendok. Selain itu yang terpenting ide dan konsep usaha dapat menentukah langkah-langkah awal dan juga alur operasional usaha selanjutnya yang harus dilakukan untuk buka usaha katering.

Bagi pemilik usaha katering yang sudah memilih ide dan konsep usaha, sebaiknya segera membuat rencana langkahlangkah penerapan konsep untuk jalannya usaha selanjutnya. Sebagai contoh pemilik usaha katering khusus makanan organik segera membuat langkah selanjutnya setelah menentukan konsep untuk mulai menjalankan usahanya. Langkah yang diambil selanjutnya adalah mengumpulkan data informasi mengenai makanan organik ,kriteria konsumennya , meracik menu yang enak , menyiapkan peralatan juga segala keperluan kemudian siap untuk melayani konsumen.

Menentukan konsep usaha sedari awal akan mempermudah pemilik usaha menentukan langkah-langkah yang akan diambil untuk menjalankan usaha. Berikut ini adalah apa saja yang akan dilakukan oleh calon pengusaha katering setelah menemukan konsep usahanya. LANGKAH-LANGKAH USAHA YANG AKAN DILAKUKAN SESUAI KONSEP ADALAH SEBAGAI BERIKUT : 1. Membuat perencanaan usaha secara keseluruhan 2. Memperhitungkan modal dan harga 3. Mempersiapkan tempat usaha yang cocok 4. Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan 5. Mempersiapkan fasilitas penunjang usaha 6. Mempersiapkan nama dan logo usaha 7. Mempersiapkan tenaga kerja dan aturannya 8. Melakukan promosi yang tepat 9. Melakukan inovasi menu dan service 10.Melakukan evaluasi usaha terus menerus

Jika konsep usaha sudah dilakukan, 10 langkah diatas tinggal dilakukan secara bertahap dan melalui serangkaian proses di lapangan. Sebagai calon pengusaha atau pemula usaha tentu tak mudah melakukan 10 langkah tersebut namun apa pun yang terjadi, jangan pernah menyerah pada kendala. Lakukan langkah dengan semangat dan pantang menyerah sekaligus menyerap pembelajarannya sehingga konsep tak hanya konsep angan-angan semata, namun ada action nyata dari konsep tersebut. Selamat membuat konsep usaha katering, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.