INOVASINYA TERLETAK PADA KREASI ISI, UKURAN, HINGGA KEMASAN

Saji - - Inspirasi Usaha - TEKS & FOTO MIFTAKH F • VISUAL KHARISMA Telp 08569976092 com | IG : Email : Crols.jkt@gmail. crolsjkt

ISINYA LUBER SAAT DIGIGIT

Tren cokelatcokelat terkenal yang dijadikan isi martabak yang laris saat ini membuat Ummu Rahadiyani (21) terinpirasi untuk membuat risoles bercita rasa manis yang berisi cokelat. Karena cokelat identik dengan lumeran yang khas, makanya ia menamakan merek usahanya dengan sebutan Risoles Clemotan.

Dari sekian jenis risoles yang dijual, Gadis yang akrab disapa Rara ini menjagokan risoles rainbow. Risoles ini berisi beberapa cokelat berwarna merah, kuning, dan biru. Bahan isinya dibuat dari cokelat compound yang dipotong-potong lalu digulung dalam kulit risoles. Cara mematangkannya, digoreng setelah dipanir tentu saja. Saat disantap, cokelat berwarna-warni terlihat celemotan meleleh keluar. Rasanya enak, lo.

Selain menggunakan cokelat compound aneka warna, ia juga menawarkan risoles isian cokelat produk ternama antara lain cokelat batang Silverqueen, dan wafer cokelat Kitkat . Semuanya meleleh ketika digigit apalagi jika disantap hangat-hangat.

Secara kreatif Rara juga menciptakan kombinasi isian buah di dalam risoles. Ia memilih pisang dibalut cokelat. Pisang juga bisa dipesan dengan lumuran selai stroberi atau bluberi. Semua jenis risoles ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 2.500 – Rp 5.000 per buah. Anda bisa mencicipinya di kedai mungilnya di kota Bogor, mulai pukul 10.00 – 18.00 setiap hari.

RISOLES DALAM KEMASAN KANTUNG

Risoles memang tergolong jajanan yang banyak ditemukan pada pasar tradisional. Namun jika diolah dan dikemas dengan baik, bukan tak mungkin risoles bisa naik kelas dan tampil lebih bergengsi. Itulah dilakukan oleh Vemi Primanda Putri (28) bersama sang Ibunda, Paramita Indirani (56) pada produk risoles buatannya. “Kami mendesain produk yang enak dengan kemasan menarik sehingga risoles tampil lebih berkelas,” jelas pemilik merek risoles CROLS ini.

Risolesnya dijual per 6 buah seharga Rp 42 ribu dan Rp 80 ribu untuk kemasan 1 lusin. Selain isi risoles yang tampil modern, kemasan juga dibuat indah. Boks risoles didesain memajang kirakira 30 sentimeter. Di dalamnya terdapat satu deret risoles yang masing-masing masih dikemas dalam konsep poket atau kantung sehingga konsumen mudah menikmatinya. Tinggi poket setengah tinggi risoles dan berwarna warni desainnya untuk membedakan setiap jenis isinya.

Ada dua kategori risoles yang ditawarkan, yaitu gurih dan manis. Di kategori gurih, ada smoked beef freak yang menawarkan risoles berisi ragout yang dicampur daging sapi cincang, ditambah daging sapi asap dan keju. Begitu juga dengan pilihan Chicken Crazy. Isinya serupa, namun diganti daging ayam cincang dan smoked chicken.

Jenis yang paling unik adalah Fish Lover. Risoles ini berisi ragout yang diberi potongan daging bandeng asap dan potongan keju. “Idenya didapat waktu Ibu sedang ke Surabaya dan menemukan produk lokal bandeng asap ini,” imbuh perempuan berlatar belakang desain grafis ini.

Risol bandeng asap ini memang memberikan sensasi rasa baru yang lezat dan harum.

Dalam kategori manis, ada dua pilihan risoles, yaitu banana sweet dan chocolate damn. Risoles banana sweet berisi krim vanila yang dicampur dengan pisang yang dilumatkan lalu ditambah potongan pisang dan keju. Sementara chocolate damn disediakan untuk si penggila cokelat. Isinya, krim cokelat yang ditambah cokelat leleh dan sedikit rhum.

Selain dijual online dengan layanan antar, produk CROLS juga dapat diperoleh di kedai Keibar dan Pasaltadet.com. Jika sudah matang, risoles ini bisa bertahan 2 hari saja. Namun dalam kondisi belum digoreng dan disimpan beku, bisa mencapai 2 bulan.

BERUKURAN MINI SEKALI SUAP

Ratna Rengganis secara kreatif menemukan cara agar risolesnya tampil berbeda. Ia membuatnya dalam ukuran mini, 5x3 cm, hanya untuk sekali suap saja. Risoles berukuran kecil ini membuat orang bisa menyantap 2 sampai 3 buah sekaligus.

Untuk membuat produknya laris manis, ukuran yang imut saja tak bisa jadi andalan satu-satunya. Ratna menawarkan beberapa pilihan isi yang tak kalah kreatif. Ada yang menggunakan mayones, dan ada yang original tanpa mayones. Untuk mayonesnya juga masih dibagi 2 lagi, yakni versi original dan pedas (hot).

Sementara isinya untuk kategori mayones tersedia pilihan isi smoked beef, tuna, ayam, telur, dan cokelat. Sementara satu jenis lagi tanpa mayones, yaitu veggie carbonara berisi saus carbonara yang berbahan susu, ditambah jamur dan brokoli. Rasanya enak, dan kaya

serat. Setiap gigitan risoles mini sangat berkualitas karena penuh isi dan kaya rempah. Kulit risolesnya juga ia buat setipis mungkin sehingga tekstur isinya lebih dominan ketika digigit.

Risoles ini dikemas beku dalam satu pak plastik berisi 10 buah. Harganya berkisar antara Rp 20 ribu – Rp 25 ribu. Dalam keadaan beku, risoles ini bisa bertahan hingga satu bulan. Selain layanan antar untuk kawasan Tangerang dan Jakarta, Ratna juga melayani pengiriman ke luar kota menggunakan jasa kurir yang bersedia memberikan layanan antar satu malam sampai tujuan. Produk risolesnya menjangkau konsumen hingga ke Palangkaraya, Medan, dan Pontianak.

BIDIK PASAR KELAS ATAS

Risoles yang dibuat Novita Asrianti (43) punya keistimewaan pada ragam isinya. Ada sekitar 7 macam risoles yang termasuk kategori premium. Karena isinya bukan sayur atau telur

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.