KETIKA JENGKOL JADI MENU KAFE

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO MIFTAKH FARIED VISUAL BENYAMIN W.

Kafe biasanya menawarkan tempat nongkrong dengan beragam menu populer dan modern. Namun kafe yang satu ini justru menawarkan menu tradisional yang cukup ekstrem, yaitu jengkol. Tentu dengan olahan yang sangat beragam seperti saus teriyaki atau nasi goreng jengkol. Dahsyat.

Setidaknya ada 10 menu yang bertuliskan jengkol di buku menu D’Jengkol Cafe. Pilihannya antara lain semur jengkol pantastik, rendang jengkol amajing, jengkol balado masbuloh, jengkol goreng pertamak, perepet jengkol, ayam jengkol, paket nasi ayam tahu sambel jengkol, hingga nasi goreng jengkol. Harganya dipatok mulai Rp 15 ribuan, sudah termasuk nasi putih. Nama menunya juga dibuat unik-unik dengan logat khas Sunda agar lebih menarik.

Jengkol balado masbuloh misalnya, tersaji dengan bumbu merah yang tebal menawarkan aroma dan citarasa pedas khas Padang. Jengkolnya terasa empuk, namun padat. Dalam istilahnya, Gunarwan menyebutnya sebagai jengkol pulen. “Ini jengkolnya khusus. Ukurannya harus besar dan bentuknya bundar. Kami selalu memilih sendiri jengkol yang kami olah,” imbuhnya.

Rendang jengkol pun tak boleh dilewatkan. Dengan gaya rendang basah, jengkol tersaji tak kalah nikmat. Ada juga perepet jengkol yang rasanya bergaya oriental karena dimasak menggunakan saus teriyaki.

Best seller adalah Nasi Goreng Sambal Jengkol, merupakan menu paling favorit di kafe berkapasitas 40 orang ini. Nasi gorengnya ditumis bersama sambal jengkol dan irisan jengkol yang dipotong dadu di dalamnya. Nasi goreng pedas berwarna kemerahan ini disajikan bersama telur ceplok, kerupuk, dan lalapan. Hm.. nikmat betul!

Sambal jengkol istimewa

Sebagai oleh-oleh, D’Jengkol juga mengemas sambal jengkol dalam kemasan botol berbobot 200 gram dengan harga Rp 25 ribu. Pilihannya ada yang mengharukan (sedang) dan masbuloh (pedas).

Sambal ini bisa dikonsumsi maksimal 5 hari dan sering dibawa pengunjung sebagai oleholeh khas dari D’Jengkol. “Sambal jengkol inilah yang sebenarnya merupakan cikal bakal lahirnya kafe D’Jengkol Desember 2014 lalu,” terang Muhammad Gunarwan (38), pengelola D’Jengkol.

Para penggemar jengkol bisa datang ke sini antara pukul 10.00 – pukul 22.00.

Alamat...

D’JENGKOL KAPEH RESTOH

Jl. KHA Dahlan (Banteng) No. 50, Bandung

Telp (022) 7305756

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.