Tanya:

JENIS USAHA UNTUK YANG TIDAK BISA BERJUALAN

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Mbak Irene, Semua orang bisa punya usaha sendiri, termasuk Anda yang katanya pemalu. Memang butuh usaha keras terutama untuk melawan pikiran yang membatasi diri. Anda bisa mulai untuk tidak membatasi diri sendiri dengan kata “nggak bisa jualan”. Bagaimana kalau kata itu kita ganti dengan “Aku bisa jualan hanya saja harus tahu caranya!” Nah, bagaimana caranya? berikut ini saya akan berikan tipsnya :

1. MENCARI SALES ATAU RESELLER

Jika merasa belum maksimal berjualan, Anda bisa mulai mencari orang yang pintar berjualan. Anda fokus saja membuat cupcake. Nah, Anda bisa mencari orang lain untuk menjualkan produk cupcakes Anda.

Sekarang ini mencari orang yang pintar berjualan tak selalu harus jadi karyawan Anda. Anda bisa, kok, cari teman, rekan, atau orang yang menerima titip jual cupcake Anda atau mau menjualkan dengan sistem prosentase keuntungan.

Jika suka buka internet, di dunia maya banyak pihak yang mau menjadi reseller aneka macam produk. Anda bisa mulai dengan cara mencari reseller produk cupcake.

2. PILIH JENIS USAHA YANG FOKUS DI PRODUKSI

Solusi kedua ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk masalah Anda. Anda bisa membuat usaha yang fokusnya produksi. Lalu carilah distributor, agen, atau pengecer untuk menjualkannya. Jadi tidak problem harus jualan.

Masalah selanjutnya, “Tapi mesti cari dan ngomong sama agen kan, berat juga? “Kalau untuk bicara sama agen saja berat, ya buat penawaran via surat saja. Sertakan penawaran resmi plus daftar harga dan samplenya. Kirimkan surat penawaran lewat email atau pengiriman kurir sehingga Anda bisa berkomunikasi tidak bicara langsung, tapi melalui media surat-menyurat.

3. LATIHAN ILMU KOMUNIKASI BERJUALAN

Jika Anda tahu kekurangan diri dan tidak mau menyerah dengan kondisi, solusi ini rasanya tepat dilakukan. Anda bisa berlatih untuk bisa jualan langsung. Syarat awalnya cuma perlu niat yang kuat untuk pintar berjualan. Selanjutnya tinggal pilih mau belajar jualan di mana.

Saya melihat bahwa orang-orang yang ikut Multi Level Marketing ( MLM ) punya kemampuan menjual yang luar biasa. Bukan maksud saya menganjurkan harus usaha ikut MLM baru bisa pintar jualan, tapi tidak ada salahnya Anda belajar teknik berjualan ala MLM sambil mendapatkan hasil jualan.

Sekiranya di tengah jalan merasa MLM bukan dunia usaha yang diinginkan, Anda bisa pilih usaha lain yang bisa menerapkan cara penjualan ala MLM . Cara penjualan ala MLM ini biasanya saya sebut hard marketing. Selain itu Anda bisa membaca buku-buku tentang marketing , ikut seminar marketing, ikut komunitas yang tepat, dan juga banyak belajar dari sales-sales handal tentang ilmu mereka. Pilih pembelajaran yang paling dirasa pas untuk diri Anda. Selamat Belajar yaaa. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.