Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm - A EW IM IST

Dear Felicia, Pinjaman dari teman atau saudara adalah sumber modal yang paling mudah apabila Anda mengerti bagaimana cara mendapatkannya. Banyak kerabat atau teman di sekitar Anda yang memiliki dana simpanan lebih yang terkadang tidak tahu cara mengivestasikannya. Apabila Anda ingin menggunakan sumber permodalan ini, Anda harus melakukan investigasi terlebih dahulu. Orang tersebut harus punya kemampuan menyandang dana. Jangan setiap teman atau saudara dekat Anda pinjami padahal mereka tidak memilikinya sehingga usaha Anda sia-sia.

Selain itu mantapkan hati dan siapkan mental untuk menghadapi penolakan. Jangan menganggap penolakan merupakan akhir segalanya. Saat Anda mencari investor, kemungkinan diterima dan ditolak sama besar. Jadi Anda mesti berpikir positif bahwa jika ditolak mungkin memang belum ada kecocokan dan selanjutnya harus mencari lagi calon investor yang memang cocok dan tertarik untuk berinvestasi pada usaha Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencari investor untuk usaha Anda :

1. Investigasi dengan tepat teman atau kerabat Anda yang potensial. Utamakan yang terdekat karena selain mereka memiliki kepercayaan lebih pada Anda, kemungkinan lebih fleksibel dalam segala hal, seperti bagi hasil, jangka waktu, atau jumlah modal.

2. Buatlah perencanaan bisnis yang sederhana tentang usaha toko kue Anda kemudian presentasikan dengan gaya bahasa yang sederhana, tapi meyakinkan. Anda dapat pula membuat perencanaan bisnis yang sederhana. Yang penting memuat unsur-unsur jenis usaha, rencana aktivitas usaha, lokasi dan konsep, perkiraan kebutuhan modal dan peruntukkannya, keuntungan atau bagi hasil untuk pemilik modal, risiko usaha, dan berapa lama Anda membutuhkan pinjaman serta bentuk pengembalian pinjaman.

3. Buatlah gambaran surat perjanjian usaha secara tertulis yang memuat segala kesepakatan Anda dengan pemilik dana. Buat surat perjanjian dengan pasal-pasal yang mengatur jelas tentang hak dan kewajiban pihak peminjam dan pemberi dana.

4. Utarakan niat Anda dengan sopan, mantap, dan terencana. Jangan melakukan manipulasi, kebohongan, dan segala hal hanya untuk mendapatkan dana. Bisa-bisa Anda akan memperoleh kesulitan di kemudian hari seperti masalah hukum karena pemilik modal merasa dibohongi. Lakukanlah dengan jujur, apa adanya, dan profesional sehingga kemungkinan Anda berhasil akan lebih besar. Selamat Mencoba. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.