inspirasi usaha

RENYAHNYA BISNIS LUMPIA

Saji - - Peluang Usaha - JL. HR. Bunyamin 708, Purwokerto Telp 081578571809

Berjualan lumpia kini tak boleh dipandang sebelah mata. Terobosan sajian lumpia banyak dihadirkan para pelaku usaha yang kreatif mengolah isinya menjadi beragam jenis. Jadi, konsep lumpia tak melulu harus diisi rebung lo.

LUMPIA ISI WAFER

Adalah Alif Rachmansyah (25) yang punya ide unik dengan menjual lumpia isi wafer. Alasannya, wafer disukai berbagai kelompok umur, mulai anak-anak hingga orang tua. “Wafer sendiri sudah populer, lalu saya kemas menjadi jajanan lainnya yang juga tidak kalah terkenal, yaitu lumpia,” jelasnya.

Ada 7 jenis lumpia isi wafer yang diciptakan Alif, lalu diberi merek Wafer Ranger. Di antaranya Ranger Brown, Yellow, Pink, Green, White, Black, dan Gold. Masing-masing secara berurutan berisi wafer cokelat, keju, stroberi, pandan, cream vanilla, vanilla black, dan cappucino. Lumpia wafer ini larisnya bukan main, terutama di kalangan anak muda. “Wafernya saya pilih dari merek tertentu yang terkenal, bukan wafer curah agar kualitasnya terjamin,” tegasnya.

Dengan balutan kulit, lumpia wafer kemudian digoreng. Rasa lumpia wafer ini renyah sekaligus unik, dan tentu saja enak. Alif menawarkan produk lumpia wafernya dengan harga Rp 10 ribu berisi 3 buah lumpia wafer. Variannya boleh dicampur sesuai selera. Setelah digoreng, lumpia wafer ini bisa bertahan selama 1 hari. Sedangkan dalam kondisi mentah, lumpia bisa bertahan hingga 4 hari di dalam lemari pendingin. “Untuk pemesanan luar kota saya kirimkan dalam kondisi mentah sehingga pembeli bisa menggoreng sendiri dan menikmatinya dalam kondisi masih panas dan renyah,” jelas Alif yang sudah mengirimkan lumpia buatannya hingga ke Bogor dan Jakarta ini.

Khusus wilayah Bandung, Alif menyediakan layanan antar dengan biaya rata-rata dipatok Rp 10 ribu.

LUMPIA UKURAN JUMBO

Rahmat Kurniawan (30) tak mainmain saat hendak membidik usaha lumpia. Meski memulai usahanya di kota kecil Purwokerto, namun ia tak mau setengah-setengah. Secara kreatif ia menciptakan gaya makan lumpia yang berbeda. Yakni disantap dengan nasi, dan ukurannya juga tak tanggung-tanggung, sekitar 15 sampai 20 sentimeter. Tak cukup sampai di sana, ia juga membuat isian lumpia dengan beragam isi.

Kunci sukses usahanya yang eksis hingga kini terletak pada keberaniannya mengubah pakem lumpia yang umumnya dianggap sebagai jajanan, menjadi sajian utama. “Jadi makan lumpia ini bukan lagi sekadar camilan, tapi langsung mengenyangkan,” imbuhnya.

Ia berani melakukan terobosan berbeda karena sasaran bidik konsumennya adalah mahasiswa. Kantong mahasiswa kan pasti memilih sajian mengenyangkan sekaligus enak dan banyak,” tambahnya.

Dengan cerdik, lantas Rahmat menawarkan lumpia yang berisi sayuran wortel dan daun bawang, lalu ditambah beragam tambahan protein yang bisa dipilih konsumen. Misalnya sosis, jagung, ayam, hingga cumi. Lumpia ini kemudian disajikan dengan sambal khusus ala Lumpia Boom yang berbahan dasar cabai, tomat, dan gula merah. Citarasanya yang manis, asam, pedas sungguh cocok sebagai cocolan lumpia lezat ini. Harga per buahnya dipatok antara Rp 5.500 – Rp 9.000. Jika ditambah nasi, cukup tambahkan Rp 2 ribu saja per porsi.

Selain digoreng, pria yang akrab disapa Wawan ini juga baru saja meluncurkan lumpia bakar. “Jika ayam tersedia dalam versi goreng dan bakar, seharusnya lumpia pun sama,” begitu pikirnya.

Lumpia bakar ini jenisnya sama dengan lumpia goreng. Bedanya, lumpia bakar cukup dioles dengan bumbu kecap pedas, lalu dibakar. Rasanya tak kalah enak, lo. Dan kulitnya pun tidak mengandung minyak. Berkat terobosannya yang luar biasa, saat ini kedai Lumpia Boom dapat ditemui di beberapa kota, antara lain Bogor, Bandung, Semarang, Cirebon, Tasik, Indramayu, Surabaya, dan Tegal.

LUMPIA ISI KEJU KOMBINASI

Mengisi lumpianya dengan keju menjadi ide awal Fajar Iman saat kali pertama membidik usaha lumpia. “Orang Indonesia itu suka yang renyah-renyah, juga suka keju yang rasanya gurih. Jadi saya buat saja lumpia isi keju. Idenya sendiri saya adopsi dari pisang keju aroma,” urai Fajar.

Lumpia ini berisi parutan keju cheddar dalam jumlah yang cukup melimpah. Keju parut ini kemudian digulung seukuran kelingking dengan panjang 15 sentimeter. Saat dimakan, kejunya menggumpal padat, dan terasa sekali ngejunya.

Tak lama setelah lumpia isi keju meluncur, Fajar mulai membuat variasi isi lainnya. Di antaranya keju dikombinasikan dengan tambahan susu kental manis, meises cokelat, kacang, hingga oreo. Menu tersebut untuk pilihan lumpia manis. Lalu menu lumpia asin, Fajar mengembangkan lumpia keju yang ditambahkan daging sapi, daging ayam, sosis, hingga smoked beef.

Selain tersedia versi manis dan asin, Fajar juga menawarkan variasi dalam kategori premium. Untuk lumpia premium ini, kejunya dikombinasikan dengan beberapa produk bermerek premium, di antaranya cokelat nutella, cokelat toblerone, milo, hingga kitkat. Rasanya sudah pasti makin enak. Sementara dikategori premium asin, tersedia lumpia pizza yang berisi irisan smoked beef dengan tambahan keju mozzarella sehingga ketika disantap atau dipatahkan, kejunya terlihat melelehleleh. Sungguh menggiurkan!

Semua jenis lumpia keju ini dibanderol dengan harga mulai Rp 15 ribu – Rp 23 ribu per pak berisi 6 buah lumpia. Selain versi matang, Fajar juga menyediakan versi beku sehingga pelanggan bisa menggorengnya sendiri di rumah sehingga dapat menikmatinya dalam kondisi masih panas dan renyah.

TAK HARUS DIGULUNG

Lumpia memang identik dengan camilan renyah yang bentuknya digulung. Namun berbeda dengan lumpia pada umumnya, kreasi Rizky Ananda, yang membuka usaha bernama Lumpia Basah Mas Miun. Lumpia basah sendiri merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang banyak dijual secara kaki lima. Lumpia basah ini umumnya menggunakan sayuran berupa taoge atau irisan bengkuang yang ditumis dengan bumbu dan tambahan telur, lalu disajikan di atas kulit lumpia. Jajanan ini cukup populer di Bandung, lalu oleh Rizky Ananda, lumpia basah dimodifikasi lagi agar lebih menarik dan bisa berkompetisi di pasaran.

Lumpia basah buatannya menggunakan taoge, dan sawi lebih melimpah dibandingkan lumpia basah lainnya.

Kemudian diberi telur, dan juga tambahan isi yang bisa dipilih pembeli. Ia menawarkan isian cumi, udang, kerang, hingga tongkol untuk pilihan seafood. Tersedia juga varian rasa lainnya yaitu bakso, sosis, kwetiau, rendang, hingga tahu sumedang. Isinya ditumis dulu dengan bumbu pedas, kemudian diletakkan di atas selembar kulit lumpia. Nah, lumpia basah nan lezat ini siap disantap. Rasanya enak, kerenyahan sayurnya tetap terjaga, dan kulit lumpia menjadi kenyal namun lembut ketika disantap dengan sumpit.

Seporsi lumpia basah ini harganya dibanderol mulai Rp 6 ribu – Rp 12 ribu. Rizky mengembangkan usahanya dengan sistem kemitraan. Berkat ketekunan dan kreativitasnya, lgerai lumpia buatannya kini menyebar di kawasan Jatinangor, Bandung, Subang, hingga Cirebon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.