PELUANG BISNIS PENJUALAN ANEKA KUE BASAH POPULER

SERI PELUANG BISNIS KULINER

Saji - - Panduan Usaha - TEKS WULAN AYODYA • VISUAL KHARISMA WULAN AYODYA UKMKU LEARNING CENTRE WWW.UKMKU.COM

Menjelang bulan Ramadhan ini Anda bisa mulai mempersiapkan diri untuk berbisnis penjualan aneka kue basah populer. Anda bisa memulai dengan berbisnis musiman menjual aneka kue untuk kebutuhan buka puasa. Banyak kalangan yang suka makanan yang manis-manis untuk makanan awal saat buka puasa sehingga masih masih menjanjikan peluangnya.

Selanjutnya saya akan bahas tentang peluang dan seluk-beluk usaha ini agar Anda mendapatkan gambarannya lebih jelas.

Sekilas Bisnis Kebutuhan akan aneka kue basah akan selalu ada. Kue basah biasanya dikonsumsi untuk pribadi, camilan keluarga, untuk acara dan pesta, dan bisa juga untuk kiriman pada relasi dan kerabat. Kebutuhan yang paling besar memang biasanya untuk acara dan pesta. Biasanya pembeli membutuhkannya antara lain untuk sajian arisan, rapat, pengajian, perkumpulan, seminar, dan rombongan tur.

Kue basah populer adalah aneka jenis kue basah yang jadi favorit atau memang banyak disukai oleh barbagai kalangan mulai anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Tentu Anda tidak asing mendengar nama-nama kue populer seperti sus manis, risoles, pastel, dan lemper.

Aneka kue populer ini bisa terdiri atas jenis kue-kue umum, kue-kue tradisional atau jenis kue dengan sentuhan internasional. Semua jenis kue basah ini punya pangsa pasar yang berbeda. Jika kue umum bisa masuk untuk semua kalangan. Sedang kue tradisional umumnya disukai oleh konsumen dewasa. Sementara kue-kue dengan sentuhan internasional lebih banyak disukai oleh anak-anak dan remaja. Jenis-jenis kue dengan sentuhan internasional ini antara lain, croissant, crepes, wafel, pancake, dan chesee cake.

Kue basah ini bisa dijual dengan berbagai cara seperti buka kios mini di depan mini market atau hypermarket, buka toko kue skala kecil, buka bakeri di mal, dan buka booth aneka kue basah dengan inovasi unik. Namun penjualan kue basah ini bisa saja dilakukan dengan cara door to door, menjadi pemasok toko, ataupun menerima pesanan saja. Jika Anda ingin menjual dengan modal terbatas, 3 cara terakhir yang saya sebutkan bisa jadi pilihan.

Berikut ini saya akan berikan contoh daftar aneka kue basah populer yang biasanya sering dijual: buka booth di tempat yang sewanya tidak terlalu tinggi.

Jika memilih cara penjualan dengan tanpa buka gerai atau toko, Anda bisa melakukan penjualan keliling atau door to door, penjualan pemasok atau titip jual dan menerima pesanan. Lokasi yang perlu Anda persiapkan adalah lokasi produksi dan pemetaan lokasi penjualan.

Lokasi produksi adalah lokasi untuk membuat aneka kue populer tersebut. Anda perlu melakukan pemetaan lokasi untuk lokasi penjualan. Apabila ingin melakukan penjualan keliling, petakanlah lokasi keliling yang ingin Anda lewati atau bagi Anda yang ingin titip jual peta-kanlah lokasi tempat titip jual yang ingin Andi titipi atau pasok. Untuk yang ingin hanya menerima pesanan, mungkin perlu bekerja sama dengan para sales atau toko lain untuk menerima orderan.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha ini? Modal usaha umumnya digunakan untuk sewa lokasi, renovasi, dekorasi, beli peralatan masak, peralatan makan dan peralatan penjualan, bahan baku, dan beberapa biaya lainnya. Berikut ini saya akan berikan contoh perhitungan modal untuk usaha ini :

Usaha Penjualan Kue Populer

Skala Kecil Menengah Usaha Penjualan Kue Populer

Skala Mikro

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.