Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Mirawati, Jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk usaha penyewaan alat- alat katering untuk pesta tergantung dari besar kecilnya usaha atau tergantung juga dari jenis alat-alat yang disewakan. Contohnya, usaha penyewaan alat katering yang hanya menyewakan peralatan makan saja. Usaha tersebut hanya membutuhkan karyawan yang melayani penyewa, mengangkat, memelihara, dan merawat peralatan makan. Usaha ini tidak memerlukan karyawan lagi untuk mengurus tenda dekorasi.

Namun jika usaha penyewaan alat-alat kateringnya termasuk juga dengan penyewaan tenda dekorasi tentu berbeda untuk perhitungan jumlah karyawannya. Untuk itu sebaiknya memperhitungkan terlebih dahulu apa saja alat dan perlengkapan yang akan disewakan oleh usaha Anda bersama teman.

Berikut ini adalah cara menghitung jumlah karyawan yang dibutuhkan sebuah usaha penyewaan alat-alat katering adalah : 1. UNIT PENYEWAAN TENDA DEKORASI

Menghitung jumlah karyawan pada unit penyewaan tenda dekorasi yang melengkapi usaha catering dapat berpatokan pada perhitungan sebagai berikut. Untuk pendirian 1 unit tenda ukuran apa pun minimal dikerjakan oleh 3 orang karyawan (1 tim) dengan asumsi, 2 orang memegang tiang besi dan 1 orang lainnya memasang rangka besi sehingga unit tenda dapat berdiri. Untuk pekerja yang sudah berpengalaman butuh waktu lebih kurang 1 jam untuk pendirian 1 unit tenda sampai selesai. Untuk pekerjaan tenda yang sangat luas areanya, Anda tidak mungkin mempekerjakan 3 orang saja karena akan memakan waktu lama.

Semakin banyak tim yang ikut, semakin cepat pekerjaan tersebut selesai. Apakah Anda berpikir akan rugi bila membayar banyak karyawan? Anda dapat berpikir cerdas untuk hal ini. Misalnya, tidak semua karyawan tenda harus menjadi karyawan tetap. Karyawan tetap cukup 3 orang yang potensial selebihnya carilah tenaga cabutan (part time) yang dibayar upahnya per meter persegi. Sekadar untuk perbandingan, menurut beberapa usaha penyewaan yang sudah berjalan, upah tenaga cabutan 1 tim, antara 15-20 persen dari harga sewa tenda. 2. UNIT PERALATAN MAKAN

Untuk unit peralatan makan, minimal Anda memiliki 2-3 orang tenaga khusus yang tugasnya merawat dan menyimpan peralatan makan. Bila usaha penyewaan sudah berkembang besar, pertimbangkan untuk menambah jumlah karyawan khusus peralatan makan karena bila tidak ditambah akan kewalahan. Untuk karyawan khusus peralatan makan, tidak dibutuhkan karyawan cabutan kecuali bila mendapatkan order besar mungkin membutuhkan karyawan cabutan untuk mengangkat alat-alat ke tempat pemesan dan mengaturnya. 3. UNIT PERALATAN

Untuk unit penyewaan alat pelengkap tergantung dari alat pesta yang Anda miliki. Bila Anda memiliki meja makan, kursi, meja dessert, dekorasi taplak dan alat pemanas tentu butuh tenaga kerja khusus yang mengerti bidang ini. Mengapa?

Untuk bidang ini hanya karyawan khusus yang diberi tugas sekaligus sebagai penanggung jawab dari alat pesta tersebut. Bila banyak tangan yang memegang alat tersebut dikhawatirkan bila ada gangguan atau rusak, masingmasing karyawan saling menyalahkan dan tidak bertanggung jawab. Selain itu orang yang bekerja tanpa tahu tanggung jawab akan merusak hasil pekerjaaanya. Semoga Bermanfaat, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.