MAINKAN ROTI, DAGING, & SAUSNYA

INSPIRASI BERJUALAN BURGER

Saji - - Inspirasi Usaha - TEKS & FOTO INTAN YS/ MIFTAH F/NABILA KARAMINA • VISUAL KHARISMA

lapisan rendang di atasnya ikut menempel. Setelah itu ditambahkan selada, tomat, dan kembali ditutup roti burger. Sajian berdiameter 10 sentimeter ini cukup tebal, mengenyangkan, dan rasanya mantap. Bumbu rendangnya begitu dominan dan cukup pedas. Burger ini dibanderol dengan harga Rp 20 ribu saja.

Jika ingin porsi yang lebih besar, Anda bisa memilih menu ‘Alkaline Duo’ yang menyajikan burger rendang dengan dua buah daging burger. Harganya menjadi Rp 30 ribu. Uniknya, semua burger disajikan di atas papan kayu sebagai piringnya, dan dilapisi kertas saji. Setumpuk keripik kentang yang renyah dan gurih menjadi pelengkap sajian ini. “Saya buat kentangnya berbeda agar memiliki ciri khas. Kalau french fries kan sudah biasa,” jelas Athink, pemilik kedai Core Burger ini.

Satu lagi burger unik di kedai ini adalah ‘The Black Dahlia Burger’. Menu ini terlihat “gelap” karena serba hitam. Roti burgernya dibuat dengan tambahan tinta cumi sehingga berwarna hitam gelap. Roti ini lalu diisi daging burger panggang, keju, selada, dan tomat, kemudian diguyur dengan saus lada hitam yang tak kalah gelap. Rasanya enak. Menu ini dipatok seharga Rp 25 ribu. Kedai Core burger buka mulai pukul 11.0021.00.

BURGER MINI ISI NUTELLA

Burger yang ditawarkan Cake A Boo ini sangat unik. Ukurannya mini, tiga kali lipat lebih kecil dari burger yang biasa kita jumpai. Warna-warni rotinya memikat mata saat dipandang. Saat digigit, bukan daging sapi gurih yang mendarat di lidah, namun rasa manis selai cokelat Nutella dan segarnya tiga jenis buah-buahan sebagai isinya.

Jessica Syarief (26) bersama dua kawannya yaitu Natalia dan Ivan menjadikan kreasi trio nutella burger tersebut sebagai salah satu menu andalan di cake shop unik di kawasan Pantai Indah Kapuk itu. “Kami suka makan Nutella. Jadi kami berpikir untuk mengombinasikan Nutella dan buahbuahan,” aku Jessica, pemilik sekaligus pastry chef Cake A Boo.

Benar saja, selai Nutella yang manis sangat pas saat dikombinasikan dengan pilihan buah segar yang sedikit asam. “Biasanya orang tua tidak terlalu suka manis, jadi harapannya burger nutella ini disukai semua kalangan,” lanjutnya.

Trio Nutella burger ini merupakan burger mini dengan roti yang memiliki tiga warna dan rasa yang berbeda. Burger dengan roti hijau merupakan green tea Nutella burger, roti warna ungu mengangkat taro atau talas sebagai rasanya dan rasa moka untuk roti burger berwarna cokelat. Ketiganya menggunakan pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Konsep isian burger merupakan tiruan isian burger pada umumnya. Nutella yang dicampur dengan rice crispy renyah berwarna cokelat melambangkan daging sapi atau beef yang sering menjadi isi burger. Buah peach yang berwarna kuning merupakan pengganti keju. Bisa diduga, buah stroberi yang berwarna merah umpama tomat dan kiwi yang hijau layaknya selada. Ketika semua bahan ditumpuk memang sekilas terlihat mirip dengan beef cheese burger.

Burger dengan roti hangat yang baru saja dipanggang baru dihidangkan jika ada yang memesan di tempat. Harganya dipatok Rp 35 ribu.

BURGER NASI DENGAN SAUS INDONESIA

Burger kreasi Muhamad Ichsan (32) yang berasal dari Medan ini tak kalah seru. Alih-alih menggunakan roti burger, ia justru menggunakan nasi sebagai pengganti roti. “Orang kita belum mantap kenyangnya kalau belum makan nasi. Makanya saya buat burger ini. Selain mengenyangkan, juga praktis disantap bagi orang-orang yang sibuk,” ujarnya.

Untuk membuat nasi sebagai pengganti roti burger, Ichsan memodifikasi nasi yang dicetak pipih dengan diameter 9 sentimeter yang beratnya kira-kira mencapai 50 gram. Jadi satu tangkup burger mengandung 100 gram nasi yang cukup mengenyangkan. “Di atasnya nasi kita taburkan wijen yang sudah disangrai agar semakin wangi,” imbuh Ihsan yang memulai usahanya di tahun 2010.

Selain menggunakan nasi putih sebagai pengganti roti burger, Ihsan juga menawarkan varian lain yang menggunakan nasi merah dan nasi hitam.

Untuk isi burgernya Ihsan membuat burger ayam crispy, yaitu daging ayam yang dicincang, lalu dibentuk menjadi seperti daging burger, kemudian dibalut tepung roti dan digoreng hingga renyah. Pelengkapnya ada selada, tomat, dan timun, plus siraman saus yang bisa Anda pilih. Pilihannya ada saus semur, rendang, dan sambal gila. Sementara saus dengan citarasa kebarat-baratan ada blackpepper (lada hitam), dan saus barbeque. Harga burger ini dipatok Rp 12 ribu per porsi.

Saat ini, burger nasi bermerek Burger Nase ini bisa didapatkan di Medan dan Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.