PELUANG BISNIS ANEKA JUS & ES BUAH

Saji - - Panduan Usaha - TEKS WULAN AYODYA • VISUAL KHARISMA WULAN AYODYA UKMKU LEARNING CENTRE WWW.UKMKU.COM

Belakangan ini banyak orang mulai beralih pada gaya hidup sehat. Salah satunya dengan minum jus buah atau makan buah-buahan segar. Semakin banyak orang mulai bergaya hidup sehat ,tentu peluang bisnis ini akan terbuka luas.

Di bulan Ramadhan bisnis ini mungkin akan berkurang pembelinya pada pagi dan siang hari, namun akan ramai pembeli saat buka puasa. Banyak orang suka berbuka dengan minum yang manis-manis. Salah satunya dengan minum es buah berbagai variasi racikan. Jadi jenis usaha ini bisa dilakukan untuk bisnis tetap setiap hari dan bisnis musiman di bulan Ramadhan.

Anda bisa juga memulai bisnis ini sekarang memanfaatkan momen Ramadhan, namun terus melanjutkan sebagai bisnis tetap.

Nah, inilah seluk-beluk usaha ini agar Anda mendapatkan gambarannya lebih jelas.

Anda sering melihat aneka booth atau gerai mini yang menjual aneka jus dan es buah? Terkadang penjual aneka jus buah juga menjual es buah. Atau olahan berbagai buah dalam satu gerai. Biasanya hal yang membuat keduanya tidak bisa dijual bersama karena kondisi lokasi booth yang terbatas.

Dalam berbagai kesempatan mengajar UKM kuliner di berbagai wilayah Indonesia, sering ditanyakan jus buah yang paling laris. Walaupun ada jawaban yang berbeda, namun bisa dibilang jus avokad dan jus jeruk adalah yang paling laris. Jenis jus lainnya yang juga laris adalah jus melon, semangka, stroberi, belimbing apel, jambu, nenas, wortel dan jus mangga.

Ada beberapa jus lainnya yang tidak terlalu populer, namun beberapa di antaranya menjual jenis jenis jus tersebut sebagai pelengkap yang membedakan dengan penjual lain. Jus–jus yang dijual sebagai pelengkap antara lain, jus buah naga, jus kiwi, jus durian, jus black berry, jus sawo, jus timun, jus pir, jus terong belanda dan mixed juice (jus campuran). Untuk produk jus campuran bisa jadi jus terdiri atas campuran buah seperti jeruk-nanasstrawberry atau jus apel-jeruk-pir.

Selain campuran buah bisa jadi campurannya adalah sayuran seperti bit tambah jeruk atau seledri tambah belimbing. Tak hanya campuran dari sayuran, seringkali jus dimodifikasi lebih modern dengan campuran susu, whippy cream, ice cream dan berbagai variasi sirup.

Sekarang ini es buah pun bisa dibuat dengan berbagai variasi. Anda tentu tahu produk variasi es buah seperti, sop buah, es buah campur, es buah klasik, es teler, es sekoteng, es oyen dan sebagainya. Sop buah adalah salah satu yang banyak peminatnya yaitu campuran dari potongan apel, anggur, strawbery, melon dan buah naga dicampur sirup racikan, susu dan es batu. Beda tipis dengan es buah campur yang terdiri atas potongan buah melon, blewah, kelapa muda, alpukat ditambah potongan jeli, sirop gula, susu dan es batu.

Es buah klasik adalah salah satu favorit saya yang berisi potongan pepaya, nanas, bengkuang dan labu siam dimasak dengan sirup gula dan citrun sehingga rasanya asam segar dan manis.

Berikut ini akan saya tuliskan beberapa contoh jus buah dan es buah yang bisa Anda pilih untuk dijadikan produk jual : untuk segmentasi yang ingin minum es dengan uang pas-pasan.

Misalnya, umumnya penjual es kelapa bisa menjual dengan harga 5 ribu rupiah per gelas karena sebutir kelapa bisa dibagi untuk 3-4 gelas. Ia bisa menjual es kelapanya dengan harga 2 ribu dan sebutir kelapa muda bisa ia bagi untuk 10 gelas.

Pertanyaan saya, kok, bisa ya? Sedangkan jumlah air dalam sebutir kelapa terbatas jumlahnya. Apakah ditambahkan air biasa? Tapi rasanya tidak seperti air kelapa. Ia menceritakan triknya, “Saya membeli air kelapa dari pedagang kelapa tua yang dibuat santan. Murah cuma Rp10 ribu untuk 1 jerigen isi 10 liter air kelapa.

Untuk isinya, kelapa muda memang diserut tipis-tipis agar cukup dibagi 10 gelas dan airnya dicampur dengan air kelapa tua tadi!” Lalu ia berkata lagi, “Pembeli saya nggak cerewet Bu, karena yang penting bisa minum es kelapa dengan harga murah.” Itulah pentingnya mengapa seorang penjual perlu mengetahui siapa target pembelinya.

Buka usaha jus buah dan aneka es buah tentu butuh lokasi penjualan. Sebelum memilih lokasi akan lebih baik jika Anda mengenal siapa target pembelinya. Untuk penjualan jus dan es yang ingin menjual dengan standar kualitas terbaik, tentu akan lebih baik memilih tempat-tempat yang didatangi calon pembelinya seperti mal, daerah perkantoran, kampus internasional atau lokasi wisata. Jika Anda siap menjual dengan harga yang cukup tinggi dan memperoleh keuntungan yang cukup banyak, tentu tidak terlalu berat membayar harga sewa yang lebih.

Namun jika ingin menyasar segmen menengah ke bawah, tentu lokasi yang cocok antara lain di depan minimarket, kios di pasar tradisional, kantin sekolah umum, atau bisa buka booth di tempat yang sewanya tidak terlalu tinggi. Jika rumah Anda berada di lokasi strategis atau dekat pusat keramaian, tentu bisa digunakan untuk buka usaha ini.

Dengan menggunakan lokasi rumah, harga sewa tentu akan lebih ringan dan Anda bisa menjual aneka jus dan es dengan harga yang lebih murah.

Setiap usaha pasti butuh modal. Kebutuhan modal tergantung dari skala usaha yang ingin dijalankan. Modal usaha umumnya digunakan untuk sewa lokasi,renovasi, dekorasi, beli peralatan masak, peralatan makan dan peralatan penjualan, bahan baku, dan beberapa biaya lainnya. Berikut ini saya akan berikan contoh perhitungan modal untuk usaha ini :

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.