Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Limey, Untuk bisnis di bidang dekorasi kue dan penyewaan alat dekorasi, komplain merupakan hal yang sering terjadi. Mental Anda sebagai pengusaha akan diuji dalam hal kekuatan dan kesabaran saat menjalankan usaha ini.

Usaha dekorasi kue merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Jasa yang dibutuhkan adalah jasa melayani klien yang hendak mengadakan suatu acara pernikahan dan membutuhkan kue pengantin. Biasanya klien Anda ingin yang terbaik bagi acara yang merupakan momen penting, sakral, dan harapannya sekali seumur hidup. Bila sedikit saja terjadi kesalahan pada pelayanan yang membuat harapan klien menjadi terganggu , Anda pasti kena komplain.

Padahal usaha ini melayani klien dari berbagai tipe yang tidak sama. Ada klien yang sabar, baik, murah hati, tapi ada pula yang cerewet, perfeksionis, dan pemarah. Bila pekerjaan Anda ternyata kurang sempurna, namun kliennya sabar dan baik hati, kemungkinan Anda hanya ditegur secara halus. Namun bila kesalahan Anda terjadi pada klien yang cerewet dan pemarah, sudah dapat dibayangkan bahwa Anda akan dikomplain dengan cara-cara yang kasar terkadang menusuk hati. Bahkan ada klien yang tidak mau membayar karena kecewa dengan hasil pekerjaan Anda... Runyam bukan?

Karena itu lakukan pekerjaan sebaik mungkin, jangan sampai ada kesalahan yang akan mengakibatkan kekecewaan klien. Bila kesalahan sudah telanjur terjadi, segera perbaiki secepat mungkin. Yang terbaik, sebelum klien mengetahuinya. Kesalahan yang sering terjadi pada usaha ini adalah kurang rapi, tak sengaja rusak saat diantarkan, tidak tepat waktu, atau hasil dan bentuknya tak sesuai dengan bayangan klien.

Sebagai pemilik, Anda harus melakukan kontrol untuk meminimalkan kesalahan. Pekerjaan kontrol ini juga dapat diwakili oleh karyawan pendekor. Sebagai usaha dalam bidang jasa sudah sewajarnya memberikan hasil dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Memberikan pelayanan sesuai kesepakatan merupakan hal yang biasa, tapi memberikan hasil yang terbaik merupakan hal yang luar biasa.

Lakukan segala pekerjaan sebaik mungkin seperti, memberikan dekorasi yang terindah, memberikan pengaturan yang rapi dan menarik, menyewakan alat-alat dekorasi kue dengan kualitas yang terbaik dan pelayanan yang rapi juga tepat waktu. Bila Anda memberikan hasil kerja yang terbaik, klien akan berkesan dan puas jika acaranya berlangsung sempurna dengan bantuan Anda. Bukan tidak mungkin klien akan selalu merekomendasikan usaha Anda pada kenalannya. Selain itu tamu-tamu yang datang akan melihat hasil kerja dekorasi kue pengantin yang indah. Jika mereka menyukai hasil dekorasi kue pengantin tersebut, kemungkinan akan tertarik untuk menjadi pelanggan Anda. Terus perbaiki kualitas dekorasi Anda ya. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.