Amat... Al

Saji - - Pelesir -

Nama depot Pak Manjung wajib ada dalam daftar Anda jika mengunjungi Gresik. Meski depot ini sederhana dan terkesan rumahan, namun hidangan soto kikilnya amat melegenda. Pilihan lainnya jika emoh menyantap kikil, adalah soto ayam. Keduanya samasama jadi andalan di sini.

Soto kikil Gresik ini kuahnya istimewa. Bumbu kuahnya sama dengan bumbu soto daging. Rempah bawang putih, bawang merah, kemiri, dan teman-temannya jadi bumbu utama. Soto kikil ini disajikan di atas siraman lontong. Namun pembeli bisa juga memilih mengganti lontong dengan nasi. Keistimewaan sajian ini terletak pada irisan kikilnya. Kikilnya bertekstur sangat empuk dan rasanya nikmat sekali. Sama sekali tidak alot seperti kikil di warung soto kikil kebanyakan.

Pak Manjung menjual sotonya dengan minuman khas berbasis jamu, yakni es beras kencur dan es temulawak. Beras kecur yang dingin, segar, aromatis, dan sedikit pedas, dijamin menetralkan sisa minyak dari kuah soto di tenggorokan. Cukup dengan Rp 25 ribu kita sudah bisa menikmati soto kikil dan segelas minuman jamu dingin tadi. Sebelum ke sini, perhatikan jam depot ini. Pak Manjung berjualan mulai pukul 12.00. Sekitar maghrib biasanya kikil sudah ludes. Namun, karena soto kikil di warung dengan kapasitas 25 tempat duduk ini cepat habis, kebanyakan pelanggan datang ke sini pada jam makan siang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.