PELUANG BISNIS ANEKA CAMILAN KERING (SNACK)

Seri peluang bisnis kuliner yang akan dibahas kali ini adalah “Aneka Camilan Kering” atau banyak orang menyebutnya snack. Saat ini memang aneka produk camilan kering lebih didominasi oleh buatan pabrik-pabrik skala besar, namun jangan berkecil hati Anda p

Saji - - Panduan Usaha - TEKS WULAN AYODYA • VISUAL KHARISMA WULAN AYODYA UKMKU LEARNING CENTRE WWW.UKMKU.COM

Jika berbelanja ke supermarket dan melihat rak tempat penjualan camilan kering, memang didominasi oleh aneka snack dalam kemasan menarik buatan pabrik. Misalnya, keripik kentang, keripik singkong berbumbu, snack olahan dari tepung jagung ( misal, Chiki), aneka kerupuk, aneka jenis kacang, biskuit , dan wafer. Namun tidak semua konsumen suka membeli produk camilan atau snack buatan pabrik besar karena beberapa di antaranya mengandung pengawet , perasa, dan pewarna makanan.

Nah, Anda bisa mencari celah dengan membuat produk camilan kering dengan cita rasa khas rumahan sehingga menjadi alternatif pilihan untuk konsumen yang bosan dengan cita rasa produk buatan pabrik. Di beberapa supermarket dan toko kelontong ada aneka camilan kering produksi rumahan, namun jumlahnya masih terbatas.

Kendala pengusaha camilan biasanya seputar biaya produksi yang tinggi sehingga harga jualnya tak bisa bersaing dengan snack buatan pabrik. Selain itu produk rumahan yang belum mengetahui standar produksi camilan industri sehingga tak bisa membuat snack yang awet tanpa pengawet. Tak heran sering ditemui camilan rumahan yang berjamur dalam jangka waktu penjualan yang pendek.

Selain itu cara pengemasan yang kurang memadai membuat beberapa jenis snack cepat melempem atau tak renyah lagi. Dengan berbagai kondisi di atas tentu akan membuat penjual snack rumahan merugi. Butuh tambahan ilmu untuk sukses berbisnis camilan kering ini.

Saya akan bahas peluang dan seluk- beluk usaha ini agar Anda mendapatkan gambarannya lebih jelas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.