Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Kintan, Berikut ini saya berikan gambaran tentang ide usaha yang bisa dipertimbangkan untuk pilihan : 1. USAHA TEMPAT MAKAN

Usaha tempat makan adalah usaha yang menjual dan menyediakan aneka menu makanan yang bisa dimakan di tempat. Ciri khasnya, menyajikan berbagai makanan dan minuman di dalam sebuah ruangan yang bertempat duduk. Menurut modal yang dikeluarkan, bisa dikelompokkan sebagai berikut: USAHA RESTORAN Usaha ini menyediakan aneka masakan dan minuman sesuai konsep usahanya. Biasanya modalnya di atas Rp 50 juta.Jenis makanannya tergantung konsepnya. Perbedaan skala restoran dan warung makan biasanya terletak pada keluasan tempat usaha, peralatan yang lebih lengkap dan modern, dekorasi menarik, daya tampung. Contoh, usaha restoran dengan menu ikan laut antara lain, restoran chinese food. Menunya, ikan asam manis atau udang goreng mentega. USAHA WARUNG MAKAN Usaha warung makan skalanya lebih kecil dibanding restoran. Terutama dari penggunaan modal usaha. Usaha warung makan bisa saja menggunakan modal di bawah Rp 50 juta, tergantung dari konsep usahanya dan lokasinya. Contoh, warung Padang dengan menu gulai ikan dan balado ikan. USAHA KULINER GEROBAKAN ATAU KAKILIMA Usaha ini menyediakan aneka makanan khas jajanan gerobakan yang menempati kios sederhana, teras, atau lapak di pinggir jalan ( kaki lima). Beberapa jajanan gerobak ada yang dijual secara menetap (mangkal) atau ada pula yang dijual secara berkeliling.

Contoh usaha kuliner gerobakan antara lain kedai mi ikan cakalang, booth siomay ikan, Pempek palembang gerobakan, Kedai mobil bakso ikan tusukan , atau otak-otak ikan bakar dengan penjualan motor keliling. 2. USAHA MAKANAN RINGAN & OLAHAN

Usaha bergerak di bidang penjualan aneka makanan ringan. Bentuk usahanya bisa macammacam seperti buka toko besar aneka snack dan oleh-oleh, stan makanan di depan mini market, aneka booth olahan ikan, kedai aneka makanan serta penjualan penganan dengan bahan ikan keliling.

Pilih bentuk usahanya sesuaikan dengan kemampuan modal. Jika modal cukup besar, sewa toko di sebuah ruko. Jika modal tak mencukupi, ambil kedai kecil di depan minimarket. Namun jika keduanya masih memberatkan, jual aneka produk olahan dengan cara titip jual atau terima pesanan saja.

Jenis produknya bisa produk olahan ikan berikut makanan yang bersentuhan dengan ikan. Misalnya, roti isi ikan tuna. Atau lalampa misalnya. Kerupuk ikan atau kemplang pun bisa jadi pilihan.Nah, silakan pilih dan selamat membuka usaha. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.