Sekilas Bisnis

Saji - - Panduan Usaha -

Bisnis camilan kering ini akan terus punya peluang selama masih banyak orang suka ngemil atau makan camilan kering. Camilan kering ini diminati mulai anak kecil, remaja, dewasa sampai orang tua. Walaupun sekarang banyak orang takut gemuk, namun tak mengurangi minat ingin makan camilan. Kondisi ini sebetulnya juga bisa jadi peluang. Misal, dengan membuat camilan yang tidak cepat membuat gemuk atau camilan sehat.

Peluang berbisnis camilan sehat rasanya sedang ‘in’ saat ini. Produk camilan sehat yang disukai banyak orang adalah camilan rendah gula, rendah lemak, rendah kalori, tanpa pengawet, tanpa perasa buatan, tanpa pewarna kimia. Selain kriteria camilan sehat di atas, ada lagi tambahan seperti menggunakan bahan-bahan berkualitas, bahan yang mengandung vitamin dan serat, bahan alami dan teknik pengolahan yang higienis. Namun satu hal yang paling diutamakan yaitu camilan tersebut harus punya cita rasa yang enak.

Selain produk camilan kering sehat, produk camilan yang menggunakan resep khas daerah juga banyak diminati. Biasanya peminatnya adalah pengunjung sebuah daerah yang ingin beli oleh-oleh untuk pulang.

Jika Anda punya resep aneka camilan kering khas daerah, jadikan peluang usaha dengan membuat produk camilan kering untuk oleh-oleh. Produk camilan kering khas daerah yang terkenal antara lain kacang goyang khas Manado, keripik oncom khas Bandung, keripik Buah Apel khas Malang, amplang khas Kalimantan, dan keripik pisang khas Lampung.

Jika sebelumnya kita sudah membahas jenis camilan sehat dan camilan resep daerah peluang bisnis camilan yang cukup berpotensi adalah camilan modifikasi. Jenis camilan ini adalah pengembangan dari jenis camilan yang sudah ada. Misalnya kacang goreng dengan berbagai bumbu, keripik dengan berbagai level kepedasan atau ada tambahan varian rasa pada snack. Contohnya sekarang ini banyak orang suka pai susu ala Bali dan Crispy Almond ala Surabaya . Dengan tambahan rasa seperti green tea, taro ( ubi ungu), dan rasa lainnya, tentu minat pembelian bertambah.

Berikut ini akan saya tuliskan beberapa contoh Camilan kering umum dan cita rasa tradisional yang bisa Anda pilih untuk dijadikan produk jual :

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.