Harga Jual

Saji - - Panduan Usaha -

Harga jual untuk produk camilan kering memang bervariasi tergantung dari jenis produk dan bahan baku pembuatnya. Untuk produk keripik usus kering per kilogramnya bisa mencapai Rp 200 ribu. Namun agar tidak mahal, biasanya dijual dengan harga 20 ribu sampai 25 ribu untuk berat sekitar 100 gram.

Mengapa harga seperti keripik usus atau paru cukup tinggi di pasaran? Selain bahan bakunya memang tak murah, untuk bahan usus atau paru yang dibuat keripik, penyusutan bahannya sangat besar. Bisa jadi 1 kilogram usus basah bisa menjadi 300-400 gram keripik usus kering. Jadi untuk perhitungan usus kering sebanyak 1 kg membutuhkan sekitar 3 kilogram usus. Selain itu perlu juga diperhitungkan gas dan bumbunya.

Untuk produk camilan tradisional, apalagi buatan rumah seringkali lebih mahal karena kapasitas produksinya relatif lebih sedikit sehingga pembelian bahan bakunya sudah lebih tinggi dibanding dari pabrik yang membeli dalam jumlah besar.

Coba bandingkan antara kue kering handmade dengan biskuit tentu akan jauh lebih mahal kue kering. Camilan handmade atau skala rumahan walaupun terkadang lebih mahal, tapi tetap banyak pembelinya. Karena dibuat terbatas, maka racikannya masih terasa asli buatan rumahan ini yang menjadi nilai keunggulan dari camilan kering skala rumahan.

Bagi Anda yang ingin mulai berjualan camilan kering ini bisa menghitung dulu biaya produksinya kemudian dibagi dengan jumlah yang dihasilkan sehingga mengetahui berapa modal per paket kemasan atau per kilogram produksinya. Maksudnya supaya tidak salah saat menentukan harga jual. Harga jual bisa ditentukan dengan melihat harga pasar dan memperhitungkan biaya produksinya.

Jika Anda ingin berjualan makanan camilan ini, tapi tidak berproduksi alias menjual produk buatan orang lain, tetap harus menghitung berapa modal per kilogram atau per kemasannya. Namun jangan lupa untuk juga menghitung biaya transportasi untuk pengambilan produk dan proses jual beli.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.