PELUANG BISNIS KATERING RANTANGAN RUMAH TANGGA

Saji - - Panduan Usaha - TEKS WULAN AYODYA • VISUAL KHARISMA

Kebiasaan umum orang Indonesia adalah makan nasi lengkap beserta lauk-pauknya. Makan nasi lengkap biasanya dilakukan untuk kebutuhan makan siang dan makan malam. Namun banyak juga di antaranya yang suka makan nasi beserta lauk- pauk saat sarapan. Jadi, bisa saja katering rantangan untuk rumah tangga dibutuhkan untuk makan siang, makan malam, dan sarapan.

Jika ingin berbisnis katering, perlu memperhatikan 5 hal yang jadi kebutuhan para ibu rumah tangga yaitu makanan yang enak, menggunakan bahan-bahan segar berkualitas, menu yang bervariasi, dan memenuhi standar kecukupan gizi untuk keluarga. Selain itu yang terpenting, Anda bisa memberikan jaminan kesehatan pada calon pembeli seperti bisa melihat langsung dapur tempat memasak. Atau adanya izin laik sehat dari Dinas Kesehatan.

Untuk penjualannya, katering rantangan bisa dijual dengan berbagai cara seperti pasang spanduk di depan rumah, titip paket katering di toko penjualan aneka sayur-mayur, penawaran, atau di berbagai media online.

Ada satu cara yang cukup efektif untuk menawarkan produk katering Anda. Caranya, membuat brosur yang menerangkan jadwal menu harian, ukuran banyaknya menu, serta harganya. Anda bisa mencari perumahan yang cukup berpotensi di sekitar rumah. Selipkan brosur di setiap rumah dan lakukan terus tiap minggu selama ada menu baru. Dengan cara ini kemungkinan memperoleh calon pelanggan akan lebih besar.

Inilah contohnya:

Untuk pemula usaha, mulai dari rumah sangat dianjurkan karena biasanya di awal, pesanan belum terlalu banyak. Jika pada nantinya usaha berkembang pesat dan dapur rumah sudah tidak memadai, barulah mulai memikirkan lokasi lain yang lebih besar.

Katering rantangan dibutuhkan untuk rumah tangga atau keluarga yang banyak beraktivitas di luar rumah sehingga tak sempat lagi memasak di rumah. Banyak keluarga yang kangen dengan masakan rumahan yang tentu berbeda cita rasanya dengan menu di restoran. Bagi yang sering beraktivitas dan makan diluar rumah, menu khas rumahan sering terbayang-bayang untuk dinikmati.

Untuk itu peluang bisnis katering rantangan rumah tangga masih sangat berpotensi ke depannya karena masih besar pasarnya.

Selanjutnya saya akan bahas tentang peluang dan selukbeluk usaha ini agar Anda mendapatkan gambarannya lebih jelas.

Untuk usaha yang baru mulai, mungkin sasarannya adalah masih terbatas pada berbagai keluarga di perumahan atau apartemen. Jika usaha sudah makin berkembang dan sudah memiliki modal lebih besar Anda bisa menyasar pada target konsumen yang lebih besar. Target konsumen yang lebih besar bisa dimulai dari pabrik-pabrik, perusahaan, event organizer, dan gedung-gedung.

Lokasi yang dibutuhkan untuk usaha katering adalah lokasi untuk produksi dan lokasi tempat menjual paket katering. Lokasi produksi dibutuhkan untuk mengolah hidangan dan menyimpan aneka bahan baku seperti daging, ayam, sayur dan bumbu-bumbu. Butuh tempat untuk meletakan frezzer dan kulkas.

Selain itu lokasi juga harus memadai untuk menyimpan aneka peralatan masak untuk mengolah makanan katering. Biasanya alat-alat katering ukurannya besar. Butuh lokasi yang cukup luas untuk membuat rak-rak penyimpanan alat.

Untuk usaha katering yang ingin mengajukan izin kesehatan tentu harus memperhatikan persyaratan dari Dinas Kesehatan seperti, sirkulasi udara yang baik pada dapur, punya saluran pembuangan air yang lancar, dan tempat pembuangan sampah yang tak mengganggu lingkungan sampai pada fasilitas air bersih pada lokasi.

Jika ingin menggunakan lokasi rumah untuk produksi sebaiknya harus mempertimbangkan berbagai hal di atas. Untuk lokasi penjualan, Anda bisa membuat brosur dan daftar menu yang dapat dititipkan di toko kelontong, gedung-gedung, koperasi dan sebagainya. Namun bisa juga menggunakan rumah tinggal untuk tempat penerimaan pesanan jika kondisinya memungkinkan.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha ini? Modal usaha umumnya digunakan untuk renovasi, dekorasi, beli peralatan masak, peralatan makan dan peralatan penjualan, bahan baku, dan beberapa biaya lainnya. Berikut ini saya akan berikan contoh perhitungan modal khusus yang untuk Anda yang ingin mulai dari rumah :

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.