NASI GORENG HIJAU DENGAN BABAT

Saji - - Halaman Depan - TEKS SEMY • FOTO DOK. SEDAP • VISUAL KHARISMA

Nasi goreng tampaknya mudah. Yang penting bumbunya pas, isinya banyak pilihan, pastilah disukai orang. Kenyataannya tidak demikian. Faktor nasi sangat penting. Mari kita lihat, apa lagi yang penting jadi perhatian jika Anda berniat menjual nasi goreng.

BERAS

Pilihan beras menentukan hasil nasi goreng. Beras untuk nasi goreng haruslah beras yang pera, bukan yang pulen. Sayangnya beras pera harganya lebih tinggi ketimbang beras pulen dalam kelas yang sama. Karena itu kurang ekonomis jika untuk dijual.

Bila harga jual tidak memungkinkan, coba kombinasikan antara beras yang pera dan beras yang pulen. Misal 75 persen beras pera dan 25 persen beras pulen.

NASI

Beras yang tepat pun tak akan menghasilkan nasi yang enak bila perbandingan airnya tak tepat atau belum terlalu tanak memasaknya.

Kalau pembuatan nasi biasanya antara beras dan air berbanding 1.500 ml air untuk 1.000 gram beras, untuk nasi goreng, airnya bisa dikurangi terutama kalau Anda menggunakan beras yang pulen.

Pengukusan nasi harus tanak betul. Kalau perlu lebihkan waktu mengukusnya 10-15 menit.

Setelah matang, aduk nasi sambil dikipasi hingga uapnya hilang. Anginanginkan nasi hingga agak kering. Jangan membuat nasi goreng dengan minyak panas.

BUMBU NASI GORENG

Bumbu dasar nasi goreng adalah bawang merah, bawang putih, cabai, ebi, dan terasi. Tetapi Anda bisa mengubah atau menambahkan bumbu tertentu ke dalam bumbu dasar ini untuk membuatnya berbeda dari penjual lain atau untuk menciptakan variasi.

SAUS DAN KECAP

Selain faktor bumbu, kelezatan nasi goreng juga tergantung pada racikan kecap dan saus. Untuk nasi goreng tradisional, kecap yang digunakan hanya kecap manis dan asin. Kadang juga dengan tambahan saus tomat. Tetapi jika menciptakan nasi goreng oriental, maka digunakan kecap manis, kecap asin/ikan, saus tiram, kecap inggris. Nah, perbandingan bahan-bahan ini harus tepat sesuai dengan jenis nasi goreng yang ingin diciptakan.

Di luar kecap tadi, tentu bisa ditambahkan kecap yang lain. Misal kecap Kikkoman atau bahkan saus teriyaki.

ISI NASI GORENG

Selain bumbu, isi nasi goreng bisa disediakan banyak pilihan. Misalnya, ikan teri, ikan jambal asin, kambing, daging, sosis, ayam, bakso, jeroan, atau campur.

Sayuran dan jamur juga bisa ikut ditambahkan dalam nasi goreng.

MEMASAK NASI GORENG

Tumisan bumbu harus harum betul sebelum ditambahkan aneka isi. Tetapi selengkap apa pun isinya, selalu tambahkan telur untuk membuat nasi goreng jadi gurih walaupun nanti sebagai pelengkap juga ditambahkan telur ceplok atau dadar.

Pengadukan nasi harus lama hingga nasi kering dan tidak lengket atau basah.

Bumbu, kecap dan saus juga harus teraduk rata. Makin lama pengadukan, kecap dan saus akan semakin membentuk karamel yang membuat nasi goreng terasa harum.

PELENGKAP

Faktor pelengkap akan membuat nasi goreng semakin disuka. Yang bisa dijadikan pelengkap selain telur ceplok/dadar, selada, irisan tomat, acar, dan bawang goreng adalah nugget, teri goreng, atau keripik tempe.

“Nasi Goreng Hijau Babat”

(Resep di hal. VI)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.