Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Ibu Agustina, Sangat wajar jika seseorang yang baru akan mulai usaha merasakan hal seperti yang Ibu alami. Karena belum punya pengalaman melakukan usaha, maka ada kekhawatiran di hati ketika hendak pilih lokasi untuk usahanya. Ada rasa campur aduk antara takut salah, bingung, dan deg-degan ketika harus memutuskan hal ini. Bahkan beberapa diantaranya kadang tidak jadi buka usaha karena masalah pemilihan lokasi ini apalagi jika lokasi yang ingin disewa ternyata tinggi harga sewanya. Bisa-bisa urung buka usaha karena sudah kaget dengan harga sewa sebuah lokasi.

Untuk usaha kedai soto mi sederhana lokasi yang disarankan adalah lokasi yang paling dekat dengan target pembelinya. Biasanya target pembeli soto mi adalah Ibu-ibu, mahasiswa, karyawan dan pekerja. Carilah kios yang dekat dengan lokasi target pembeli Anda. Selain kios Anda bisa juga menyewa kantin, foodcourt, atau teras yang berdekatan dengan lokasi tersebut. Sebelum menyewa sebaiknya perlu mewaspadai hal-hal berikut ini: 1. KONDISI KEAMANAN Cermati, adakah penjagaannya dan bagaimana sistemnya. Jangan sampai di kemudian hari Anda pusing karena daerah tersebut kurang aman sehingga banyak terjadi pencurian atau pembobolan lokasi. 2. BEBAS BANJIR Cari tahu dari orang di sekitar lokasi sebelum memutuskan menyewa lokasi tentang kemungkinan banjir. Karena efek dari banjir akan membuat repot usaha. Anda. Kalau Anda tetap memilih tempat usaha yang kadang terkena banjir, maka harus bersiap untuk terendam dan bolak-balik angkut barang-barang. Jadi Anda perlu mengetahui hal ini sejak awal. 3. ADAKAH PUNGLI? Perlu diketahui apakah di daerah itu ada pungutan liar yang dilakukan setiap hari, minggu atau bulan. Anda harus tahu tentang kebiasaan pungli di daerah tersebut.Jika pungutan liar tersebut tak bisa diterima, sebaiknya mencari lokasi lain yang bebas pungli. 4. DAERAH MACET Daerah macet bisa jadi pertimbangan bagi beberapa orang untuk mampir ke warung soto mi Anda. Mesti dipilah-pilah bagaimana kondisi macetnya. Apakah macetnya membuat orang enggan datang atau kondisi macetnya justru membuat banyak orang datang ke lokasi tersebut. Pertimbangkan dahulu hal ini dengan matang. 5. SESUAI DENGAN TARGET, IZIN USAHA, ATAU BANYAK PESAING ? Perhatikan apakah lingkungan lokasi sesuai dengan target pembeli soto mi? Apakah lokasi sesuai dengan perizinan usaha? Apakah banyak pesaing? Ketiga hal tersebut perlu dicermati sejak awal untuk mengetahui apakah sudah tepat lokasi dengan target pembelinya. Yang kedua, apakah lokasi tersebut diperbolehkan untuk usaha oleh dinas terkait, jangan sampai Anda kecewa tak mendapatkan izin karena mendirikan usaha di lokasi yang tak diperbolehkan. Hal yang ketiga apakah sudah banyak pedagang soto mi didaerah tersebut karena akan lebih sulit untuk sebuah usaha baru bersaing ketat dengan banyak pesaing.

6. DEKATKAH DENGAN INDUSTRI, PEMBUANGAN ASAP, LIMBAH DAN SAMPAH YANG MENGGANGGU?

Hal ini juga perlu diwaspadai karena berkaitan dengan dampaknya untuk kesehatan. Selain itu ini berkaitan dengan reputasi usaha Anda jika berdiri di kawasan yang kurang hygenis. Karena banyak asap, limbah dan sampah sangat mengganggu di usaha kuliner. Maka pertimbangkan hal ini sebelum memilih lokasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.