NASI AYAM RASA ENAM NEGARA

Di Bandung, nasi ayam yang ini sedang naik daun. Karena menawarkan 6 varian berbeda dari 6 negara. Makin unik karena dijual di sebuah kedai berkonsep kandang ayam. Penasaran, dong?

Saji - - Aktual -

Semangkuk nasi ayam yang beken disebut ricebowl ini sungguh kreatif dan terbilang baru. Karena ditawarkan dalam 6 pilihan varian. Keenamnya dijual menggunakan nama negara- negara di dunia. Ada rasa Indonesia, Meksiko, Irlandia, Inggris, Kansas (AS), dan Jepang.

Rasa- rasa ini diciptakan dalam beragam saus. Ayam Indo dengan saus rasa Indonesia, menyajikan nasi dan ayam goreng yang disiram saus kari berwarna kuning kental. Rasanya amat berempah. Beda lagi dengan ayam Jepang, diguyur dengan saus teriyaki yang manis dan gurih. Sedangkan ayam Kansas, diguyur dengan saus barbekyu yang rasanya pedas, bahkan ada levelnya, dari satu sampai lima untuk tingkat kepedasannya.

Ayam dengan saus tomat melimpah bisa dipilih pada menu ayam Meksiko. Citarasanya asam manis. Lalu ayam dengan penuh lelehan saus keju bisa ditemu pada menu ayam Inggris. Sausnya sungguh nikmat dan jadi salah satu best seller yang amat disukai. Sedangkan Ayam Irlandia, sausnya terbuat dari mayones dengan rasa asam yang dikombinasi mint yang unik rasanya.

Agar pembeli mudah menyantap nasi ayam ini, Shendy Lukito Heryawan (28), pemilik kedai ini menyajikan daging ayam tanpa tulang yang sudah dipotongpotong. Sebelumnya ayam digoreng dalam balutan tepung dan bumbu- bumbu. Semangkuk nasi ayam ini dilengkapi dengan irisan wortel, buncis rebus dan keripik jagung. Semangkuk nasi ayam dengan satu pilihan saus dihargai mulai Rp 15 ribu. Jika ingin memilih porsi besar, harganya mulai dari Rp 22 ribu per mangkok.

Selain ke- 6 menu utama ini, Shendy juga menawarkan berbagai menu serba ayam yang harganya berkisar antara Rp 6 ribu hingga Rp 15 ribu. Misalnya dada ayam tanpa tulang yang digoreng tepung, namanya dada mentok. Sajian ini unik karena konsepnya seperti burger, tapi tanpa roti. Bunnya alias rotinya dibuat dari dua buah daging dada ayam ini yang bagian tengahnya diselipi lembaran keju dan sayuran segar. Seru, ya.

Ada pula paha keriting, yakni daging paha ayam tanpa tulang dan digoreng tepung, lalu disajikan dengan cara ditusuk. Pilihan lainnya ada Sate Kulit Ayam yang renyah berbalut tepung, Sate Telur Ayam yang dibuat mirip sosis putih, dan Chicken Chop Chop yang merupakan daging ayam dipotong dadu dan digoreng tepung mirip popcorn.

Shendy menjual seluruh menu berbasis ayam ini dengan konsep kreatif. Ia mendirikan sebuah kedai mungil yang dinamai Kandang Ayam. Nama ini dipakainya bukan tanpa alasan. Makan di dalam kedai ini serasa di dalam kandang ayam betulan karena desain di sekeliling kedai dibuat dari kawat, mirip kandang ayam. Sejak buka Juni 2015 lalu, kedainya tak pernah sepi.

Nah, Anda yang penasaran bisa datang langsung ke kawasan Kebon Kawung Bandung, tak jauh dari stasiun kereta api Bandung mulai pukul 11.00 sampai pukul 22.30 WIB.

TEKS & FOTO INTAN YS VISUAL BAYU P.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.