MEMBUAT PIZZA

Saji - - Saji Unggul -

Mari membuat pizza yang enak, Kalau tahu caranya, Anda pasti sukses membuatnya dengan hasil yang enak pula. Meski pizza merupakan roti, tetapi bahan dan teknik pembuatannya sedikit berbeda dengan roti. Pada pembuatan pizza, tidak digunakan telur dan margarin. Sebagai ganti margarin, digunakan minyak. Jadi jelas sudah bahwa pizza dibuat dari sedikit jenis bahan, yaitu:

BAHAN TEPUNG

Tepung adalah bahan utama pembuatan pizza. Gunakan tepung terigu protein tinggi agar hasil pizza berserat bagus.

MINYAK

Tambahan sedikit minyak untuk membuat pizza tidak patah, tetapi lebih lentur. Penggunaanya tidak boleh terlalu banyak.

AIR

Air berguna untuk membantu mengubah protein menjadi gluten sehingga pizza bertekstur bagus.

GULA

Gula yang digunakan sedikit sekali sebab pizza biasanya bertoping asin. Fungsi gula selain untuk memberi rasa, juga memberi warna pada permukaan pizza.

TEKNIK PEMBUATAN:

Teknik pembuatan pizza sama saja dengan roti. Semua adonan dicampur rata keculai minyak dan garam. Yang berbeda adalah waktu memasukkan minyak. Kalau pada roti, margarin/ mentega dimasukkan ketika adonan sudah kalis, pada pizza minyak dimasukkan saat adonan hampir elastis. Mengapa begitu? Karena setelah minyak masuk, adonan tidak boleh lagi diuleni terus-menerus agar adonan pizza tidak patah. Pengulenan bisa menggunakan tangan

atau mikser roti.

MENGETES ELASTISITAS ADONAN

Seperti roti, elastisitas adonan dites dengan cara ditarik lebar, tetapi pada adonan pizza, cara menarik harus lebih perlahan karena adonannya dibuat tanpa margarin dan telur sehingga adonan pizza tidak bisa selentur adonan roti.

PENGOVENAN

Karena bentuknya yang pipih, pengovenan dilakukan sebentar saja, tetapi dua tahap. Tahap pertama untuk membuat kulit pizza berkulit dan bagian dalam matang. Tahap kedua untuk membuatnya lebih renyah dan menyatukan toping dan kulitnya.

VARIASI

Variasi kulit pizza bisa dilakukan dengan menambahkan jus sayuran sehingga warna kulit kehijauan. Anda juga bisa menambahkan bahan bertekstur renyah seperti kacang (kacang tanah, almon, atau wijen). Tak salah juga kalau mau ditambahkan keju parut.

TOPING

Toping dibubuhi kalau kulit pizza sudah dipanggang di tahap pertama. Sebelum ditaburkan toping, pizza dioleskan saus lebih dahulu. Biasanya saus berupa saus bolognaise. Tentu bisa diciptakan saus yang berbeda.

TOPING KEJU

Keju yang biasa digunakan untuk toping keju adalah keju mozarela. Tetapi beberapa orang mencampurnya dengan keju cheddar atau keju parmesan agar kejunya lebih terasa, Anda bisa mengganti keju mozarela dengan keju cepat leleh agar lebih ekonomis. Nah, selamat membuat pizza.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.