Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Ibu Marita, Memang saat ini sulit mencari SDM atau karyawan sesuai dengan keinginan pemilik. Mungkin untuk usaha skala pemula harus lebih fleksibel saat mencari karyawan karena kemungkinan fasilitas yang dapat Anda berikan masih kalah dengan usaha yang sudah besar.

SDM berkualitas tentu memilih bekerja di tempat yang lebih bonafid dan besar untuk mendapat fasilitas yang lebih memadai. Selain itu gengsinya juga berbeda jika bekerja di perusahaan besar.

Berikut ini saya memberikan masukan cara mencari SDM berikut resikonya: 1. REKOMENDASI DARI KARYAWAN LAIN.

Ini hal yang paling mudah dan efektif. Biasanya karyawan lebih tahu orang yang tepat untuk bekerjasama dalam membantu Anda. Risikonya, bila karyawan yang direkomendasi tersebut bermasalah, maka teman yang merekomendasikan akan ikut terbawa. Bila dikeluarkan, risikonya karyawan yang merekomendasikan dapat ikut keluar. 2. REKOMENDASI DARI LINGKUNGAN TERDEKAT.

Boleh saja Anda mengambil karyawan dari kenalan dekat, tetangga, atau saudara, tapi tetap harus pilih yang benar-benar profesional dalam bekerja. Jangan karena hubungan dekat, justru akan menjadi seenakknya atau malas.

Risikonya, bila karyawan membuat masalah dan terjadi peneguran atau dikeluarkan, maka hubungan Anda dengan keluarganya jadi tidak enak. 3. MENCARI DARI BIRO PENYALUR TENAGA KERJA

Mencari SDM dari biro penyalur tenaga kerja juga merupakan alternatif, tapi biasanya hanya untuk koki atau asisten koki ketersediaannya masih terbatas. Risikonya, Anda harus membayar jasa biro penyalur dengan garansi kurang lebih tiga bulan. Bila Anda mendapat biro penyalur yang nakal, maka setelah tiga bulan, karyawan tersebut dapat keluar dan Anda mengalami kerugian uang pengambilan karyawan 4. PASANG IKLAN LOWONGAN KERJA

Pasang iklan di media untuk segmentasi yang tepat juga merupakan salah satu langkah cerdas. Sekarang ini mencari karyawan tetap atau freelance bisa lebih mudah dengan situs iklan gratis seperti olx.com, tokopedia.com, dan sebagainya. Bisa juga Anda mencari di situs khusus lowongan kerja.

Risikonya, Anda tidak kenal betul orang yang akan melamar kerja. Bisa saja yang bersangkutan punya sifat kurang baik atau bahkan kriminal. 5. MENCARI DARI SEKOLAH KETERAMPILAN, SMK BOGA DAN KURSUS

Banyak pengusaha restoran dan katering mencari lulusan sekolah masak dan lulusan kursus tertentu yang sudah terlatih.

Risikonya, upahnya biasanya lebih tinggi karena lebih terlatih. Dapatnya pun sulit karena mereka ingin buka usaha sendiri. Namun jika Anda kerahkan trik negoisasi yang menarik, kemungkinan bisa mendapatkan karyawan dari sumber ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.