NASI LIWET ANEKA TOPING “MASA LALU” DAN “MASA KINI”

Saji - - Aktual -

Nasi liwet begitu tren di Bandung saat ini. Karena ada sebuah warung yang menyajikan nasi liwet dengan gaya berbeda. Namanya Nasi Liwet Warung Dangdut. Di warung ini, nasi liwet tersaji dengan aneka toping yang kreatif bahkan sebutannya terdengar lucu, yakni nasi liwet “masa kini” dan nasi liwet “masa lalu”. Sambil menyantap liwet, kita diperdengarkan lagu dangdut, pas betul dengan konsep warungnya, Warung Dangdut. Penasaran?

Kreativitas memang jadi modal utama hampir semua pebisnis kuliner di kota Bandung. Tak terkecuali nasi liwet di Warung Dangdut. Nasi liwet di warung ini boleh dibilang paling lengkap di antero Bandung. Dengan sebutan nasi liwet “masa kini” dan “masa lalu” dalam buku menunya, kedai ini nyaris tak pernah sepi pembeli sejak buka Juni 2015 lalu. Sebutan unik tersebut merupakan kategori untuk membedakan kelompok topingnya. Karena sedikitnya ada 10 toping nasi liwet ditawarkan di sini. Yang termasuk dalam kategori nasi liwet toping Rasa Masa Kini antara lain nasi liwet bebek garlic dan nasi liwet toping daging sapi teriyaki. Ada juga yang bercitarasa kebarat- baratan dengan menawarkan pilihan nasi liwet toping sosis keju dan abon sapi. Tak heran disebut “masa kini” karena topingnya melawan pakem nasi liwet tradisional yang selama ini ada. Di kategori ini, nasi liwet juga ada yang bertoping cumi dengan bumbu kemangi pedas. Untuk pertama kalinya nasi liwet hadir dengan citarasa bebas ikan asin.

Sebaliknya, di kelompok lainnya ada nasi liwet toping Rasa Masa Lalu. Pilihannya juga banyak dan tak kalah nikmat. Nasi liwet pada kategori Rasa Masa Lalu ditawarkan dalam deretan toping berbasis aneka ikan asin beragam jenis. Citarasanya tentu saja original dan klasik. Misalnya nasi liwet toping tumis asin sepat, sambal goreng pete jambal, dan tumis asin peda. Selain “keluarga” ikan asin, ada juga nasi liwet yang dibuat dengan sentuhan citarasa lokal dari daerah lain di Indonesia, yakni nasi liwet toping ayam kemangi asam pedas dan liwet dendeng padang.

Nasi liwet di warung ini rasanya gurih- nikmat. Topingnya dimasak terpisah dan dibubuhkan di atasnya saat nasi liwet akan disajikan. Nasi liwet abon dan sosis- keju termasuk nasi liwet yang tak biasa dan tak mudah ditemukan di tempat lain, sekaligus yang terlaris di sini. Kebanyakan pembelinya datang dari kalangan mahasiswa dan anak sekolah di seputaran Bandung. Abonnya ramai bertaburan di atas nasi. Sedangkan sosis- keju topingnya berupa tumisan sosis dan cabai lalu diberi parutan keju cheddar melimpah. “Semua toping dibuat dengan cara ditumis, lalu disiram di atas liwet” ujar Lina Nuzliah, staf marketing Warung Dangdut

Seluruh nasi liwet tersaji dalam piranti khusus. Jika biasanya nasi liwet dimasak di dalam panci kastrol dengan cara digantung, nah, di warung ini nasi liwet dimasak di dalam wadah berbahan dasar gerabah (tanah liat) namun bergagang mirip panci dengan diameter 20 sentimeter. Nasi liwet di masak di atas panci gerabah ini di atas api, diberi toping sesuai pilihan pembeli, dan langsung disajikan bersama panci gerabah tadi. Saking larisnya, kompor untuk membuat nasi liwet didisain berjajar dengan api yang dinyalakan dari satu pipa panjang agar bisa memasak beberapa porsi sekaligus. Harga aneka nasi liwet ini terbilang murah. Nasi liwetnya saja dipatok Rp 7500 sedangkan topingnya dihargai mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp. 7500. Setiap pembeli bisa memilih satu toping atau dua toping sekaligus jika suka.

Di tempat ini pula rombongan berjumlah ratusan pelancong dari berbagai daerah dan kota di Indonesia yang tengah berlibur ke Bandung menggunakan bus kerap mampir makan siang atau malam. Warung berkapasitas 170 orang ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. Sambil mendengarkan lantunan dangdut milik Elvi Sukaesih hingga Ayu Ting Ting, Anda bisa memilih jajaran minuman, ada Es Janda Muda, Es Baterai Cinta, dan Es Dangdut sebagai penutup bersantap liwet.

TEKS & FOTO INTAN YS VISUAL BAYU P.

WARUNG DANGDUT Jl. Citarum No. 30, Bandung Telp: 022-720 7009 Twitter/Instagram: @warungdangdut FB: Warung Dangdut www.warungdangdut.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.