TIPS MEMBUAT HIDANGAN KRISPI

Melumuri tepung pada ayam, ikan, atau cumi tidak akan membuat hidangan jadi renyah setelah digoreng. Perlu bahan perekat agar tepung yang menempel cukup tebal dan membuat makanan jadi renyah. Nah, ada banyak bahan perekat, tetapi tidak semua menciptakan h

Saji - - Saji Unggul -

LARUTAN PENCELUP:

Larutan pencelup yang baik adalah: • air es • larutan tepung encer Tepung terigu ditambahkan air. Jangan terlalu kental agar larutan tepung tidak lepas setelah digoreng.

BALUTAN:

Balutan tentu juga penting. Ada bahanbahan tambahan yang bisa bikin renyah yaitu tepung beras dan tepung sagu. Tetapi baik tepung beras maupun tepung sagu harus dicampur tepung terigu.

Tepung beras saja membuat balutan jadi keras.

Tepung sagu saja membuat alot dan mudah hilang terserap oleh ayam atau ikannya.

PERENYAH:

Anda bisa menambahkan baking powder ke dalam adonan untuk membantu merenyahkan. Gunakan baking powder yang double acting.

BUMBU:

Jangan gunakan bumbu yang basah yang tidak bisa mengering setelah digoreng. Karena itu untuk memudahkan, bumbu sebaiknya tidak dicampur di bahan pencelup maupun bahan pembalut.

Bumbu lebih baik dilumur pada makanannya.

CARA MENGGORENG:

Agar renyah, proses menggoreng harus cukup lama. Karena itu kecilkan apinya agar ketika digoreng lama, makanan tidak hangus.

Hati-hati memperhatikan warna. Karena menggunakan baking powder, makanan pasti cepat menjadi cokelat. Jangan cepat mengangkat makanan. Bisa saja makanan belum kering betul walaupun warnanya sudah cokelat. Periksa lebih dahulu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.