Saat ini banyak menu pasta yang dijual dalam bentuk frozen. Frozen food aneka pasta ini lebih didominasi oleh buatan pabrik skala besar, namun jangan berkecil hati Anda pun bisa berbisnis pasta skala rumahan alias home made. Tidak semua konsumen suka memb

Saji - - Panduan Usaha - WULAN AYODYA UKMKU LEARNING CENTRE WWW.UKMKU.COM

Anda bisa mencari celah dengan membuat produk frozen food dengan cita rasa khas rumahan untuk konsumen yang bosan dengan cita rasa produk buatan pabrik.

Nah, inilah gambaran peluang dan seluk-beluk usaha ini agar Anda mendapatkan gambaran lebih jelas.

Keluarga modern yang tinggal di perkotaan tidak asing dengan menu pasta ala Italia ini. Peluang untuk berbisnis aneka pasta ini memang sangat prospektif jika Anda berlokasi di daerah perkotaan. Walaupun belum familiar di daerah pedesaan, namun bisa jadi sebuah terobosan karena adanya menu baru yang bisa jadi alternatif pilihan makanan.

Aneka pasta bisa dijual secara pesanan dalam bentuk loyang besar atau loyang mini yang khusus untuk dikonsumsi 1 orang. Keistimewaan menjual pasta,selain banyak yang suka, produk ini cukup awet disimpan baik dalam lemari es atau dibekukan sehingga potensi risiko bahan terbuang minim. Akibatnya juga minim risiko rugi.

Untuk bisnis ini cara penjualannya pun beragam, bisa buka booth atau kios mini, bisa titip jual pada penjual makanan frozen food, bisa menerima pesanan saja, sampai memasok katering atau cafe yang menyediakan menu ini, tapi tidak membuat sendiri.

Banyak cafe dan katering yang tidak membuat produk menu pastanya sendiri. Mereka sering mencari pemasok pasta yang memberikan penawaran harga bersaing dan rasa enak.

Jika Anda ingin membuat bisnis ini menjadi besar, bisnis industri makanan bisa jadi pilihan. Anda bisa membuat pabrik yang memproduksi aneka menu pasta dengan kemasan yang dapat dijual di berbagai toko, mini market, supermarket, bahkan hypermarket. Tentu untuk berbisnis skala ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Belakangan ini banyak menu pasta yang melakukan inovasi produk sehingga punya varian yang beragam.

Berikut ini akan saya tuliskan beberapa contoh menu aneka pasta yang populer dan yang melakukan inovasi modern yang bisa Anda pilih untuk dijadikan produk jual : target pembeli untuk bisnis ini bisa dibagi dari beberapa kelompok. Pada pembahasan target pembeli di atas. • Segmen satu yaitu ibu rumah tangga dan anggota keluarga bisa dijangkau dengan cara pemasaran buka kios atau booth, lokasinya, antara lain rumah tinggal, buka dekat minimarket , kantor, dan sekolah. Buka booth di Mal juga bisa jadi alternatif penjualan. Selain itu ikut bazaar yang ramai juga bisa dilakukan. Lokasi yang dekat banyak kompleks perumahan baik dipilih untuk jenis bisnis ini. • Segmen 2 yaitu reseller atau pedagang eceran, Anda cukup punya lokasi untuk produksi dan penyimpanan produk. Untuk penjualannya Anda bisa memetakan mana saja penjual eceran yang berpotensi untuk menjualkan. Anda bisa bekerja sama dengan pedagang yang biasa menjual frozen food di pasar tradisional, toko kelontong yang punya frezeer atau sales yang biasa berjualan keliling.

Hal penting yang perlu Anda lakukan disini adalah mencari lokasi pedagang eceran yang berpotensi dan bagus penjualannya. Selain itu Anda bisa mencari reseller dengan cara punya toko online.

Setiap usaha pasti butuh modal. Kebutuhan modal tergantung dari skala usaha yang ingin dijalankan. Modal usaha umumnya digunakan untuk sewa lokasi,renovasi, dekorasi, beli peralatan masak, peralatan penjualan, bahan baku, dan beberapa biaya lainnya. Berikut ini saya akan berikan contoh perhitungan modal untuk usaha ini :

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.