Tanya:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Bu Wulan,

Bandung. Mungkin Saya baru saja buka usaha cuankie

masih sepi pembeli. Saya karena baru buka, usaha saya

belum berkembang pernah membaca bahwa jika usaha maksimal, akan lebih baik jika melakukan analisis SWOT terlebih dahulu. Apa maksudnya dan apa manfaatnya untuk usaha kuliner? Terimakasih, Bu.

Cerina Vanty – Surabaya.

Kirimkan pertanyaan tentang segala hal yang menyangkut usaha kuliner, baik yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan melalui faks 021 5347967 atau via emai: saji. ukm@gramedia-majalah.com Dear Ibu Cerina,

Analisis SWOT adalah analisis berdasarkan Strong (Kekuatan), Weak (Kelemahan). Opportunity (Kesempatan) dan Threat (Ancaman). Sebelum buka usaha, lebih baik jika dilakukan analisis ini. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui kekuatan, kelemahan usaha Anda dan juga menganalisis kesempatan yang membuat usaha Anda maju dan mengetahui ancaman yang dapat menjadi kendala pada usaha.

Anda pun perlu melakukan analisis SWOT pada usaha pesaing terlaris di sekitar Anda. Tujuannya mengetahu kekuatan, kelemahan, dan potensi pesaing yang memang laris di pasaran.

Nah inilah contoh analisis SWOT usaha cuankie Anda : ANALISIS KEKUATAN (S): Rasa cuankie saya enak, disukai banyak orang, dan punya rasa khas. Harga jual bersaing, tidak kemahalan- tidak kemurahan Bahannya segar, bebas bahan kimia, bahan pengawet. Hal yang perlu dilakukan setelah menganalisis : Terus mempertahankan kualitas rasa. Usahakan terus memberi harga bersaing. Semakin menonjolkan keunggulan cuankie yang tidak memakai bahan pengawet dan dijamin sehat. ANALISIS KELEMAHAN (W): Ukuran bakso dan siomay goreng tidak dapat terlalu besar karena memakai bahan yang asli. Tidak tahan lama karena tidak memakai pengawet. Hal yang perlu dilakukan setelah analisa : Tonjolkan bentuk cuanki yang indah dan unik sehingga walaupun tak besar, tapi memiliki keunikan tersendiri yang dapat menarik pembeli. Memperhitungkan jumlah produk yang dapat dijual untuk satu hari sehingga tidak bersisa. ANALISIS KESEMPATAN (O): Dapat melayani pesanan pesta atau katering Dapat buka cuan kie secara mangkal atau motor keliling. Hal yang dapat dilakukan setelah analisis : Tawarkan cuankie pada katering yang membutuhkan untuk gubuggubugan. Merencanakan buka usaha cuankie yang mangkal dan motor keliling. ANALISIS ANCAMAN (T): 1. Akan banyak pesaing muncul bila cuankie saya laris nanti. Kemungkinan dapat pesaing yang bersaing harga dengan menjatuhkan harga jual. Hal yang dapat dilakukan setelah analisis : Mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Pelanggan yang loyal tetap akan membeli produk Anda walaupun ada pesaing. Pertahankan kualitas dan jangan sembarangan menaikkan harga karena persaingan ketat.

Sebaiknya Anda juga melakukan analisis SWOT pada usaha cuankie yang laris untuk memperoleh gambaran selera pasar. Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mayoritas selera pasar cuankie (terutama pada rasa produknya). Dari hasil analisis ini, barulah Anda tentukan produk jual yang keunggulannya sesuai dengan selera pasar. Tak hanya pada produk, analisa SWOT dapat pula Anda buat untuk penjualan dan pengelolaan usaha. Semoga bermanfaat, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.