Martabak termasuk usaha jajanan favorit kebanyakan orang Indonesia. Jika Anda amati, hampir seluruh wilayah Indonesia punya usaha martabak, termasuk di tempat-tempat terpencil. Hal ini membuktikan, jenis makanan ini disukai oleh banyak orang.

Saji - - Panduan Usaha -

Karena martabak diminati mayoritas orang Indonesia, tentu saja berbisnis di bidang ini sangat berpeluang. Biasanya para penjual martabak menyediakan dua pilihan, martabak manis dan martabak telur.

Martabak manis biasanya disajikan dengan menu pilihan rasa cokelat kacang, keju, dan coklat keju. Sementara menu martabak telur menyajikan pilihan berdasarkan jumlah telur yang digunakan seperti martabak dengan 2 telur, 3 telur, atau 4 telur. Semakin banyak jumlah telur yang digunakan, semakin istimewa dan mahal harga jualnya. Usaha martabak yang menjual 2 menu utama tersebut saya sebut sebagai usaha martabak klasik.

Belakangan ini banyak penjual melakukan inovasi untuk dengan menyediakan berbagai topping menarik yang lebih modern. Martabak dengan berbagai modifikasi baru ini kita sebut saja martabak modern.

Usaha Aneka Martabak memang banyak ditemui di berbagai wilayah. Walaupun sama-sama martabak, namun tiap usaha target pembelinya berbeda segmen. Biasanya perbedaan target pembeli paling terlihat dari harga jual martabak yang ditawarkan. Contohnya, beberapa penjual martabak manis dengan topping cokelat kacang bisa menjual dengan harga Rp 20 ribu per loyang, namun ada juga yang menjual dengan harga Rp 40 ribu untuk pilihan rasa yang sama. Begitu juga dengan martabak telur harga jualnya juga bervariasi mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 50 ribu tergantung dari pemakaian telur dan lokasi penjualan.

Sebagai salah satu jajanan favorit, maka tak heran pesaingan bisnis ini cukup ketat terlihat dari banyaknya yang buka usaha ini. Namun jika diperhatikan banyak juga yang tetap eksis berjualan setelah beberapa tahun waktu berlalu. Ini artinya walaupun banyak pesaing, namun penjualannya tetap bisa meraih keuntungan. Kalau tidak menguntungkan tentunya tak akan banyak usaha martabak yang bertahan lama.

Belakangan ini martabak modern menambah ketatnya persaingan di bisnis ini. Jika diperhatikan anak muda yang merupakan pasar terbesar bisnis ini, menyukai berbagai jenis martabak yang inovatif. Aneka martabak modern yang sering ditawarkan antara lain, martabak pisang keju, martabak durian, martabak dengan topping coklat modern seperti selai cokelat Ovomaltine dan Nutella. Ada pula martabak manis yang disajikan bersama potongan cokelat Toblerone, Kitkat, dan potongan biskuit Oreo yang dicampur dengan cream chesee.

Tak hanya toping yang berbeda, adonan dasar martabak manis pun sekarang menggunakan variasi baru seperti martabak hitam keju (black cheese), martabak taro yang berwarna ungu dengan bahan dasar ubi ungu, martabak red velvet dengan paduan bahan bit dan martabak hijau dengan bubuk green tea.

Dari sisi penjualan, jika diamati, biasanya martabak dijual di gerobak atau booth di pinggiran jalan raya atau di kios permanen dan juga ruko. Sekarang ini martabak sudah ada yang dijual di mobil-mobil (food truck). Jika Anda ingin berbisnis aneka martabak ini bisa disesuaikan menu dan cara penjualannya sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Berikut ini saya akan berikan contoh daftar menu martabak yang biasanya dijual :

Target konsumen untuk menu Aneka Martabak ini bervariasi mulai anak-anak, anak muda, orang dewasa dengan berbagai profesi.. Peminatnya bisa saja remaja, wanita, dan pria dewasa. Untuk remaja biasanya segmennya adalah siswa SMP, SMA, dan juga mahasiswa. Untuk pria dan wanita dewasa biasanya karyawan baik yang bekerja di kantor atau tempat usaha lain seperti karyawan di mal, karyawan di tempat wisata, karyawan di pusat industri dan karyawan yang bekerja di pabrik.

Selanjutnya tinggal harga jual yang membedakan konsumen Anda. Biasanya mayoritas konsumen memang anak muda dan orang dewasa, namun harga jual akan menentukan siapa konsumen mereka.

Jika Anda ingin menjual martabak modern tentu lebih mengarah pada pasar anak muda, remaja, dan anak-anak. Sesuaikan pilihan Anda dengan target market dan harga jualnya terlebih dahulu agar tak salah bidik sasaran pembeli.

Di mana lokasi yang paling tepat untuk buka usaha ini? Tentu tempat yang paling mudah dijangkau segmen pembelinya. Jika segmentasi atau target pembeli Anda adalah mahasiswa, tentu lokasi yang Anda bidik adalah lokasi sekitar rumah kos. Biasanya rumah kos banyak ditemui disekitar kampus atau universitas.

Selain mendekati lokasi target pembeli, Anda juga bisa buka di tepi jalan-jalan yang strategis. Karena martabak ini biasanya dijual dengan booth aluminium, jadi harus buka usahanya dengan mangkal di lapak yang sudah ditentukan. Mustahil menjual martabak secara berkeliling karena gerobaknya cukup berat.

Pilihan semi permanen ini adalah untuk Anda yang ingin buka usaha versi tendaan. Jika tak ingin berkonsep tendaan, Anda bisa mencari mobil yang didesain untuk berjualan martabak dan menentukan lokasi sesuai dengan target Anda.

Untuk yang ingin berjualan secara permanen, lokasi kios di jalan-jalan ramai atau dekat pusat keramaian di malam hari bisa jadi pilihan. Karena peminat martabak kebanyakan di sore atau malam hari, maka Anda harus mencari lokasi yang ramai di malam hari. Buka booth di depan minimarket yang ramai juga bisa jadi pilihan.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha ini? Modal usaha umumnya digunakan untuk sewa lokasi, beli perangkat tenda, gerobak, atau booth martabak, lampu, dan alat-alat masak: Usaha Aneka Martabak Dengan Kios Permanen Kebutuhan Modal Jumlah Sewa Lokasi 1 tahun 6.000.000,Pembelian Gerobak 3.000.000,- Beli Alat Masak 2.000.000,- Beli Alat Tambahan Kulkas & Etalase Bahan Baku

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

4.000.000,-

1.000.000,- Usaha Aneka Martabak Dengan Konsep Tendaan Kebutuhan Modal Jumlah

Pembelian Gerobak

Beli Alat Masak Bahan Baku Pembuatan Spanduk Digital untuk gerobak

Total

Rp

Rp

Rp

2.300.000,-

1.500.000,-

1.000.000,-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.