Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Sarah, Buka usaha kuliner selevel café tentu butuh modal besar terutama untuk sewa lokasi dan membeli kebutuhan peralatan. Berikut ini beberapa alternatif sumber dana yang bisa digunakan untuk buka usaha dan pembahasannya. Modal Sendiri Modal usaha yang berasal dari dana pribadi merupakan hal yang mempermudah langkah awal usaha. Dengan dana pribadi Anda tidak perlu susah-payah mencari pinjaman untuk modal. Selain itu modal sendiri tidak dikenai bunga pinjaman atau bagi hasil usaha. Hanya saja apabila terjadi kerugian Anda akan menanggung risiko sendiri.

Modal sendiri tidak harus berupa uang tunai yang dimiliki. Bisa saja berupa sumber pendanaan sendiri yang kreatif. Contohnya mencari barang yang sudah tidak digunakan kemudian dijual. Bisa juga menjual asset yang kurang produktif seperti emas, kendaraan yang jarang digunakan. Hasilnya untuk modal usaha MODAL KERJASAMA

Bila sudah ada perkiraan kebutuhan modal dan ternyata dana pribadi tidak mencukupi, ada alternatif lain, yaitu bekerjasama dengan pihak lain. Kerja sama dalam permodalan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Patungan modal dan penitipan modal, misalnya.

Membentuk usaha bersama adalah semacam joint atau menjalankan usaha secara bersama dengan modal patungan. Anda bisa mengajak teman, saudara, keluarga, atau kerabat dekat yang sudah dikenal untuk menjadi partner usaha dengan patungan modal usaha.

Jumlah pembagian penyetoran modal adalah sesuai dengan kesepakatan bersama begitu pula pembagian keuntungannya. Contoh, kebutuhan modal usaha Anda Rp 30 juta. Sedangkan Anda hanya memiliki uang Rp 22,5 juta. Maka partner Anda hanya menyetorkan Rp 7,5 juta rupiah saja. Pembagian keuntungan setelah dipotong biaya pengeluaran disesuaikan dengan penyetoran modal yaitu Anda 75% dan partner Anda 25% dari keuntungan usaha.

Perlu diingat, bila Anda yang memiliki ide usaha, maka Anda harus lebih banyak menyetor modal dalam prosentase sehingga mayoritas usaha merupakan milik Anda.

Dalam kerja sama tersebut Anda dan partner secara aktif menjalankan usaha ini bersama-sama. Biasanya dilakukan pembagian kerja dengan porsi masing-masing.

Salah satu alternatif bila mengalami kekurangan modal usaha adalah kerja sama dengan bentuk penitipan modal. Ajak teman, kerabat, atau keluarga yang memiliki dana lebih, tetapi tidak punya waktu. Kompensasi pembagian keuntungan harus disepakati bersama.

Semua pembahasan ini hanya merupakan pertimbangan saja. Pada praktiknya aturan pembagian keuntungan tergantung kesepakatan Anda dan patner. Semoga bermanfaat, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.