Tanya:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Bu Wulan,

dan kue basah dalam Saya menjual aneka bahan kue

kue sendiri, tetapi bentuk toko. Saya tidak membuat

produsen kue yang rasa menerima titipan dari beberapa

dahulu. produknya sudah diseleksi terlebih

dari 10 tahun. Usaha ini sudah berjalan lebih

yang juga menjual bahan Belakangan ini ada gerai modern

dengan lokasi usaha dan kue basah dekat sekali saya. Akibatnya beberapa bulan ini omset penjualan toko saya mulai menurun drastis. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini, Bu Wulan ? Terima kasih.

Neris, Jatiwaringin.

Kirimkan pertanyaan tentang segala hal yang menyangkut usaha kuliner, baik yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan melalui faks 021 5347967 atau via emai: saji. ukm@gramedia-majalah.com Dear Ibu Neris, Ketika menjalankan usaha, diperlukan keyakinan bahwa bisnis itu akan berjalan dengan arah yang benar, menggunakan strategi yang tepat agar mencapai keunggulan kompetitif terhadap pesaing.

Sekarang lakukan strategi pemasaran yang kreatif. Strategi differensiasi, misalnya. Strategi diferensiasi akan mengejar posisi yang unik di antara para pesaing. Keunikan ini harus tertanam di dalam pikiran pelanggan.

Keunikan dapat dicapai melalui faktor yang berbeda seperti disain atau citra merek, teknologi, pelayanan pelanggan, atau ciri menarik lainnya, yang tidak ditawarkan pesaing untuk pelanggan tertentu terutama yang sudah menjadi pelanggan Anda.

Strategi diferensiasi bertujuan menciptakan loyalitas terhadap toko atau merek dagang Anda. Fokuslah pada kebutuhan pelanggan. Menawarkan produk yang berkualitas tinggi adalah strategi diferensiasi yang terbaik pada usaha kecil.

Apabila Anda menawarkan produk yang berkualitas tinggi kepada setiap pelanggan, maka pelanggan yang puas akan merekomendasikan kepada pelanggan lain. Sehingga meningkatkan keuntungan dengan leluasa.

Nah, galilah keunggulan usaha Anda yang dapat menjadi daya tarik dan memberikan kepuasan pelanggan.

Berikut strategi diferensiasi yang dapat dilakukan usaha Anda untuk memenangkan persaingan yang sudah terjadi sebelumnya 1.“HARGA HEBOH”

Memberikan harga sangat murah untuk produk-produk tertentu. Coba hubungi supplier bahan dan kue. Minta mereka berpartisipasi dalam program harga heboh ini. Siapa tahu sebulan sekali tiap supplier dapat memberikan sejumlah produk gratis untuk promosi. Gunakan produk gratis ini untuk promosi harga heboh yang tujuannya untuk menarik pembeli. 2.“BROSUR SUPER HEMAT”

Buat brosur edisi bulanan yang mempromosikan produk dengan harga hemat sebagai panduan saat konsumen belanja. Bagikan brosur ini pada pelanggan setia Anda. Tujuannya agar mereka tahu produk hemat apa yang ditawarkan usaha Anda setiap bulannya. Ini akan menambah jumlah penjualan usaha Anda jika harga memang benar-benar murah. 3.“PROGRAM HADIAH BULAN INI”

Siapkan pemberian hadiah langsung atau potongan harga pada produk tertentu setiap bulan. Anda juga bisa memberikan hadiah langsung untuk yang berbelanja dengan nilai di atas Rp100 ribu, misalnya. Program hadiah ini juga bisa Anda informasikan di brosur super hemat.

Ancaman usaha toko kecil adalah gerai modern yang menyedikan produk lebih lengkap dan harga relatif lebih rendah. Untuk itu segera buat strategi differensiasi untuk lebih kreatif bersaing dengan gerai modern. Semoga bermanfaat, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.