UNIK DALAM ISI, BENTUK, HINGGA CARA MEMATANGKAN

MERAIH UNTUNG LEWAT KROKET

Saji - - Inspirasi - TEKS INTAN YS/ MIFTAH F/NABILA • FOTO:SHANTI K/NABILA/DOK. PRIBADI • VISUAL KHARISMA

DIGORENG DAN PANGGANG cocolan spesial ciptaan Sandra yang bercitarasa asam segar. Cocolan yang disebut saus acar ini terbuat dari kombinasi acar timun, wortel, mayones, dan resep rahasia ala Sandra yang enak dan segar. “Saus acar ini juga kita jual dalam cup terpisah seharga Rp 15 ribu,” terangnya.

Kroket goreng ditawarkan dengan harga Rp 12 ribu per buah, sedangkan kroket panggang dibanderol Rp 20 ribu per cup. Jika membeli dalam satu pak kemasan, harganya lebih murah lo. Satu kemasan berisi 10 buah kroket goreng, sedangkan kroket panggang berisi 6 cup. Selain di Bogor, kroket Rijs Hanny’s Kitchen juga bisa didapatkan di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

MANFAATKAN JAMUR SHITAKE

Kroket berisi jamur ini dibuat oleh Fonny, pendiri Joyfull Food. Ia menamakan produknya, “korokke” alias kroket khas Jepang. Keistimewaan korokke terletak pada penggunaan jamur shitake sebagai salah satu merica bubuk. “Saya juga tidak menggunakan zat pengawet atau zat-zat kimia tambahan lain yang berbahaya bagi kesehatan,” papar Fonny.

Semua produk kroketnya dibuat hanya saat ada pesanan datang untuk menjaga kualitasnya tetap segar. Fonny membentuk korokkenya menjadi kotak-kotak sepanjang sekitar 4 cm dengan tinggi 2 cm menggunakan tangan alias tanpa cetakan khusus. Selanjutnya, korokke dicelupkan ke dalam telur, lalu dibalurkan ke dalam tepung panir. Karena tak menggunakan zat pengawet, Fonny memilih menjual produknya dalam keadaan beku atau frozen kepada konsumen sehingga mampu bertahan selama 2-3 minggu bila disimpan di dalam freezer sebelum digoreng.

Korokke beku Joyfull Food dikemas dalam plastik vakum berisi 12 buah, dijual seharga Rp 100 ribu. Dalam seminggu, Fonny yang juga membuat berbagai frozen food lain seperti nugget, dan pastel. Selain berjualan online, Fonny pun kerap menerima pesanan katering yang menyediakan aneka makanan matang, seperti kroket untuk acara ulang tahun atau

arisan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.