ANDALIMAN DI DALAM PIZZA DAN SPAGETI

PIZZA ANDALIMAN, BALIGE, SUMATERA UTARA

Saji - - Aktual - TEKS & FOTO SITA R. VISUAL BAYU P.

Andaliman adalah salah satu bumbu rempah khas Sumatera Utara. Biasanya andaliman dipakai dalam masakan karo sebagai salah satu bumbu yang menciptakan rasa pedas. Merica yang membuat lidah bergetar karena begitu pedasnya ini dimanfaatkan Sebastian Hutabarat untuk melezatkan pizza dan spageti dalam gerainya di Balige. Meski di luar pakem, kedua sajian ini larisnya bukan main sejak meluncur awal 2015 lalu.

Pizza dan spageti andaliman ini betul- betul terdengar unik. Sebagai makanan khas italia, keju dan saus tomat adalah kawan baik pizza yang tak pernah tergantikan. Namun di kota Balige, Sebastian Hutabarat (42) dan rekannya Thomas justru dengan berani membuat pizza dan spageti dengan sentuhan rempah lokal yang sudah jadi bumbu wajib masakan Sumatera, khususnya karo. Mereka menggabungkan andaliman ke dalam olahan saus dan mayo untuk pizza yang mereka jual di kedai yang diberi nama Pizza Andaliman.

GABUNGKAN KEJU DAN ANDALIMAN

Ada dua pizza andaliman yang ditawarkan. Yakni pizza sayur dan pizza ayam. Pembeli juga boleh memilih saus pizzanya, yakni saus tomat atau saus mayones. Kedua pizza ini menggunakan andaliman dalam campuran sausnya. Saus tomat dibuat dari tomat, bawang putih, merica, dan andaliman yang diblender halus. Selanjutnya dimasak hingga adonan mengental. Saus tomat rasanya lebih pedas dan andalimannya lebih dominan. Sementara saus mayones dibuat dari susu dan andaliman juga.

Adonan pizza dibuat empuk agar bisa mengikuti selera masyarakat setempat. Rasanya juga enak karena untuk adonan kulitnya, selain terigu ditambahkan juga telur, gula, madu, dan susu. Lalu topingnya terdiri dari sayur lokal. Antara lain wortel, buncis, kacang panjang, jamur, hingga jagung. Semua sayuran diiris halus. Begitu juga wortel yang diparut halus. “Sayurnya harus benar benar halus, agar ketika dipanggang matang sempurna,”jelas Sebastian.

Sayur ditata di atas olesan saus tomat kemudian ditabur keju parut. Selain pizza sayur, juga ada pilihan pizza ayam. Pizza ini juga menggunakan saus tomat dan mayo yang diberi campuran andaliman. Jenis ayam yang dipakai adalah ayam kampung yang sebelumnya sudah dipanggang. Ayam disuwir- suwir saat ditabur di atas pizza.

Komposisi racikan yang pas membuat pizza ini memiliki rasa yang luar biasa enak. Terbukti usahanya laris manis sejak pertama kali buka beberapa bulan lalu. “Setiap pelanggan yang sudah datang sekali, pasti balik lagi,” terang Sebastian dengan nada riang.

Pizza dijual dalam bentuk potongan seharga Rp 7 ribu hingga satu loyang berdiameter 25 sentimeter seharga Rp 50 ribu. Dengan saus yang sama, hidangan spageti juga ditawarkan dalam menu seharga Rp 12 ribu per porsi.

Setiap menjelang sore, kedai Pizza Andaliman yang didesain dengan gaya minimalis ini sungguh ramai. Mereka menikmati pizza ditemani minuman teh aroma serai. Konsep dapur terbuka yang mempertontonkan pembuatan pizza, bikin semua orang senang datang dan melihat hal baru di Balige.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.