MEMBUAT BOLU

Saji - - Saji Unggul -

Bolu seperti cake, dibuat dengan teknik sponge cake dan butter type cake. Metode sponge cake adalah pembuatan cake yang telurnya dikocok bersama gula. Margarin, kalau dipakai, dilelehkan dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan. Sementara butter type cake, margarinnya dikocok, telurnya tidak dikocok terpisah, tetapi ditambahkan satu per satu ke dalam kocokan margarin. Ciri khas bolu, pemakaian tepung cukup banyak, tetapi pemakaian margarin relatif sedikit. Namun tentu dalam pembuatannya bisa kita atur sesuai selera.

Masyarakat kita tidak serta-merta menerima kehadiran cake yang kemudian disebut bolu begitu saja. Mereka mengembangkannya menjadi berbagai bolu yang berbeda. Misal, melumuri bolu yang baru matang dengan santan. Atau menggabungkan cake putih dan kuning di tengah adonan. Unik Sekali. Belum lagi bolu kukus yang dibuat mekar. Bukankah ini merupakan pengembangan cupcake yang sangat unik?

Bahkan ada juga bolu yang dibuat berlapis. Tentu untuk bolu berlapis seperti ini, harus ditambahkan emulsifier agar waktu pembuatan yang lama tidak membuat air dan lemak terpisah dan membuat kue jadi bantat.

Penggunaan putih telur di dalam cake juga diwujudkan di dalam pembuatan bolu. Lihat pepe panggang. Meski namanya pepe, karena meniru pepe yang berlapis dan berwarna, sebetulnya pembuatan dan bahannya betul-betul sama dengan bolu. Teknik melapisnya mencontek lapis legit. Namun rasanya sama sekali berbeda. Kreativitas ini sungguh membanggakan.

Bolu juga memanfaatkan hasil rempah dan bahan kita. Lihat saja bolu koja yang berwarna hijau yang dibuat dari daun suji. Atau pepe panggang yang ditambahkan santan.

Pembuatan bolu seharusnya lebih mudah dari cake dan tidak terlalu banyak berisiko karena pemakaian tepung yang banyak tadi yang membuat adonan lebih stabil. Nah, mari membuatnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.