Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Mba Fitra, Setiap pemilik usaha memiliki harapan warung makannya disukai dan laris. Untuk mewujudkan hal itu butuh perjuangan dan ketekunan pemilik usaha makanan. Salah satunya adalah mengerti apa yang diinginkan pembeli.

Bagaimana mengetahui keinginan pembeli yang menjadi target usaha Anda? Mencari informasi apa yang diinginkan pembeli adalah jawabannya. Anda harus sering menggali informasi tentang pembeli dan calon konsumen di sekitar tempat usaha Anda.

Cara menggali informasi dapat dilakukan dengan berbagai teknik.Di bawah ini merupakan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apa yang di inginkan pembeli.

1. Jadikan pelanggan sebagai teman, hafalkan dan sapalah namanya dengan sopan ketika datang. Ajaklah sedikit berbincang-bincang untuk menanyakan kesannya pada warung makan Anda.

Selain menyapa dan berbincang-bincang, Anda dapat pula membuat kotak saran. Dengan kotak saran kemungkinan Anda juga akan mengetahui saran dan masukan yang membangun dari para pembeli.

2. Catatlah pesanan terbanyak pada nota penjualan. Tujuannya untuk mendapatkan menu yang sering dipesan dan terus berinovasi dalam membuat aneka menu yang lebih disukai. Bisa jadi Anda mengembangkan produk baru dengan berpatokan pada menu yang fast moving.

3. Datanglah pada usaha sejenis yang laris. Pelajari kelebihannya dan ambil hal-hal yang positif untuk diterapkan pada usaha Anda.

4. Pelajari kegagalan usaha sejenis yang bangkrut. Tujuannya agar Anda tidak melakukan hal sama yang menjadi penyebab kegagalan tersebut pada usaha Anda

5. Banyak menggali informasi tentang bisnis makanan dari media televisi, media cetak, buku-buku dan pemberitaan yang sedang marak. Anda bisa mengetahui arah trend dan apa saja yang disukai pelanggan usaha kuliner dari berbagi media.Dapatkan ilmu dan informasi yang berguna bagi usaha Anda. Semoga Bermanfaat, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.